Jaksa Bidik Tersangka Baru Pembangunan Kantor Bupati Konut – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Jaksa Bidik Tersangka Baru Pembangunan Kantor Bupati Konut

KENDARI, BKK – Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) berjanji akan mengusut dugaan keterlibatan pria bernama Abas, dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Kantor Bupati Konawe Utara (Konut) tahap III 2011.
Bukan tidak mungkin Abas akan menjadi tersangka ke-11. Pasalnya, nama Abas beberapa kali disebut dalam persidangan tiga tersangka, yakni, Cakunda, Usman dan Asmara.
“Sebenarnya kami sudah lama tau (dugaan keterlibatan Abas, red) mas. Soalnya kan nama Abas dari awal sudah muncul makanya usai beberapa berkas tersangka, kami  rampungkan. Kelihatanya kami akan usut. Tergantung dari pimpinan mas,” katanya Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sugeng Djoko Susilo SH MH, melalui Kepala Penerangan Hukum dan Hubungan masyarakat (Kasipenkumhumas) Kejati Sultra Janes Mamangkei SH, saat ditemui mengatakan, Selasa (10/5).
Janes menyebut, tempo itu Abas menjabat sebagai Kepala Bagian (Kabag) Akutansi Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Konut. Tugasnya, melakukan sejumlah verifikasi terhadap surat perintah pembayaran (SPP) dan surat perintah membayar (SPM).
“Kapasitasnya saat dia (Abas, red) melakukan penandatanganan, saat melakukan proses pencairan anggaran 71 persen pada pekerjaan tersebut,” tambahnya.
Saat ditanya, apakah akan ada tersangka lain yang dibidik selain Abas. Misalnya, Miswatin, Suparman, Djafar Samba dan Machdin Syam ikut, Janes enggan berkomentar.
“Kami tak bisa menyampaikan itu mas,” katanya.
Janes membeberkan, Abas bisa saja diusut dalam perkara ini, karena sejak awal nama Abas lebih dulu disebut sebelum ketiga nama tersangka, yakni Aswad Sulaiman, Yani Sumarata dan  Gina Lolo.
Namun penyidik lebih memilih ketiga tersangka tersebut, karena peran ketiganya paling menonjol dalam proses pencairan dana yang mengakibatkan kelebihan pembayaran pada pihak keriga, PT Voni Bintang Nusantara.
“Sebenarnya banyak mas yang berranggung jawab dalam perkara ini. Tapi selain merampungkan yang lain,kami juga kekurangan tim. Kan kalau kita naikan pasti kembalinya sama kita lagi dong, ” bebernya. (p5/c/kas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top