IAIN Kendari Buka Tiga Jalur Penerimaan Calon Maba – Berita Kota Kendari
Pendidikan

IAIN Kendari Buka Tiga Jalur Penerimaan Calon Maba

IAINKENDARI, BKK – Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari buka tiga jalur pendaftaran calon mahasiswa baru (maba) tahun akademik 2016-2017, yakni jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN PTKIN), jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN), dan jalur Ujian Lokal (UL) IAIN Kendari.
Rektor IAIN, Dr H Nur Alim mengatakan, untuk jalur SPAN PTKIN pendaftarannya dimulai dari 9 Maret sampai 31 April 2016, yang proses seleksi tingkat nasionalnya itu akan dimulai pada 6-19 Mei 2016, sedangkan pengumuman hasil seleksi nanti akan dilakukan pada 23 Mei. Pendaftaran ulangnya dijadwalkan pada 24-31 Mei.
“Untuk jalur SPAN PTKIN ini persyaratannya itu adalah sekolah mendaftarkan siswanya untuk masuk di jalur ini. Yang dinilai adalah nilai rapor siswa dari semester satu sampai semester lima. Sebab, nilai rapor semester enam itu belum keluar. Termasuk juga akreditasi sekolah lalu kemudian prestasi-prestasi sekolah juga termasuk prestasi siswa yang bersangkutan. Itu semua akan menjadi bahan untuk dipertimbangkan kelulusannya pada jalur pertama ini,” ungkap Dr H Nur Alim, Rabu (11/5).
Jalur SPAN PTKIN, sebut Nur Alim, IAIN Kendari sudah didaftar sebanyak 5.143 calon maba yang memperebutkan 1.312 kuota. Dengan demikian, satu siswa akan menyisihkan lima siswa.
“Kemudian, untuk jalur kedua yaitu UM PTKIN kuota yang kita siapkan itu sebanyak 400, yang pendaftarannya sudah dimulai pada 25 April-3 Juni 2016 dan ujian tertulisnya akan dimulai pada 14-15 Juni. Sedangkan pengumumannya akan dimulai pada 18 Juli 2016,” sebutnya.
Nur Alim mengatakan, mekanisme untuk masuk di jalur kedua ini para siswa ataupun calon maba harus melakukan pendaftaran dengan biaya Rp 150 ribu di Bank Negara Indonesia (BNI) yang terdekat. Setelah itu, mereka akan mendapatkan user id dan nomor pin yang nantinya akan dipergunakan untuk mendaftar secara online di www.um-ptkin.ac.id.
“Lalu kemudian, setelah tahapan-tahapan aplikasi itu diikuti mereka memasuki tahapan akhir yakni percetakan kartu sebagai peserta ujian. Untuk tesnya, terdiri dari tes potensi, akademik atitude, kebahasaan, keislaman, IPA dan IPS. Kelima inilah materi yang akan diujikan kepada calon maba nanti,” bebernya.
Kata dia, jalur SPAN PTKIN dan UM PTKIN pendaftarannya bersifat online.
“Sedangkan jalur yang ketiga yakni Ujian Lokal (UL) IAIN Kendari itu sifatnya ofline atau manual. Jalur ini dijadwalkan setelah pengumuman UM PTKIN, yang pendaftarannya akan dibuka pada awal Agustus nanti dan tesnya akan dilakukan pada pertengahan Agustus yakni 17-18 Agustus,” katanya.
IAIN, ucap dia, menargetkan akan menerima calon maba sebanyak 1.000 orang untuk semua fakultas. (m3/c/pas)

Click to comment
To Top