Hanura Uji Pengetahuan Balon Selama Satu Jam – Berita Kota Kendari
Beranda

Hanura Uji Pengetahuan Balon Selama Satu Jam

KENDARI, BKK – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Hanura menguji pengetahuan setiap bakal calon (balon) yang maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017 di Sulawesi Tenggara (Sultra) selama satu jam.

Ketua DPC Hanura Kota Kendari Muhammad Yahya mengaku, pihaknya sementara melakukan fit and propertest kepada seluruh balon. Semua balon, sebut dia, mendapatkan waktu satu jam dari tim yang terdiri dari satu pengurus DPP dan empat pengurus DPD tingkat provinsi.

“Saya kurang tahu berapa pertanyaan, tapi mereka diberi waktu masing-masing satu jam untuk difit,” terang Yahya disela pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan yang dilaksanakan tertutup di Hotel Plaza Inn Kendari, Rabu (11/5).

Khusus di Sultra, sebut dia, dari tujuh kabupaten atau kota hanya empat daerah yang ikut. Yakni, Kota Kendari, Buton Selatan (Busel), Muna Barat dan Bombana. Di empat daerah ini, Hanura dipastikan memiliki kursi.

Menurut Yahya, ada penilaian tersendiri bagi seluruh balon yang ikut uji kepatutan ini. Di antaranya, tentang kelayakan menjadi kepala daerah.

“Apakah dia layak atau tidak menjadi wali kota tergantung jawaban yang dia berikan,” ungkapnya.

Setelah dilakukan fit ini, nama-nama yang ikut akan diserahkan ke DPP. Di Kota Kendari sendiri, sebut dia, ada lima balon yang ikut. Adalah Adriatma Dwi Putra (ADP), Muhamad Zayat Kaimoeddin, Abdul Rasak, Abdurrahman Saleh dan Andi Musakkir Mustafa.

Untuk survei, kata dia, Hanura meminta kepada balon sendiri untuk melakukannya. Nanti, hasil survei itu akan diserahkan kepada Hanura. (pas/jie)

To Top