Lingkar Sultra

DPRD Takalar Kunker soal Pilkada di Konsel

Pemda Konsel saat melakukan pertemuan dengan anggota DPRD Kabupaten Takalar, Rabu (11/05). (FOTO:MARWAN/BKK)

Pemda Konsel saat melakukan pertemuan dengan anggota DPRD Kabupaten Takalar, Rabu (11/05). (FOTO:MARWAN/BKK)

ANDOOLO, BKK – Keberhasilan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di daerah tersebut mengundang daya tarik anggota DPRD Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Pada Rabu (11/05), rombongan legislator asal Takalar melakukan kunjungan kerja (Kunker) terkait Pilkada. Ketua Komisi I DPRD Takalar, Ilham Jaya Torada mengatakan, Kabupaten Konsel merupakan salah satu daerah yang berhasil dalam melaksanakan pesta demokrasi, sehingga pihaknya menginginkan nuansa serupa dapat terlihat dalam Pilkada di Kabupaten Takalar 2017 nanti.

Ilham Jaya mengatakan, Pilkada Konsel tanggal 9 Desember 2015 lalu berlangsung aman dan terkendali, sedikit pun tidak ada riuk-riuk kecil yang merupakan bumbu-bumbu politik.

“Ditahun 2017, satu-satunya kabupaten di Sulawesi Selatan yang akan melaksanakan Pilkada adalah Kabupaten Takalar. Untuk menyukseskan pesta demokrasi itu, kami datang ke sini untuk belajar dan sharing pendapat agar Pilkada di Takalar sama dengan Pilkada Konsel yang tidak menyisakan konflik,” katanya.

Ilham mengungkapkan, Kabupaten Takalar telah dua kali menggelar Pilkada, namun selalu berujung konflik. “Semua masalah diselesaikan di Mahkamah Konsitusi, sehingga untuk menghindari masalah itu kami datang belajar disini agar masalah  yang kami alami bisa diatasi,” harapnya.

Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengatakan, kedatangan anggota DPRD Takalar merupakan kebanggaan bagi Kabupaten Konsel. Pasalnya, Kabupaten Konsel telah menjadi contoh pesta demokrasi di kabupaten lain.

“Tadi saat pertemuan, kami sudah memberikan masukan dan penjelasan mengenai Pilkada. Itu juga dijelaskan dari DPRD dan Panwas Konsel,” jelasnya, usai menerima rombongan DPRD Takalar, di ruang rapat bupati. (k8/c/jie)

To Top