Pendidikan

SMK Pelayaran Bantu Alumni Cari Kerja

KENDARI, BKK – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pelayaran menggodok bursa kerja bagi alumninya. Sebab, alumni di SMK Pelayaran kadang-kadang tidak tahu membuat lamaran kerja, sehingga pihak SMK Pelayaran sengaja membuat bursa kerja ini yang nantinya berfungsi untuk memfasilitasi dan mengajari mereka bagaimana caranya bisa mendapatkan pekerjaan.
Hal itu diungkapkan Kepala Sekolah (Kepsek) SMK Pelayaran, Silviani. Menurutnya, disamping itu dalam program bursa kerja nantinya akan membantu para alumni untuk mencari lowongan pekerjaan di perusahaan pelayaran.
“Karena siswa kami di sini kalau mereka sudah tingkat dua, kita sudah ikutkan untuk ikut Diklat keterampilan pelaut. Bahkan siswa kami yang masih kelas dua juga sudah berangkat,” ungkap Silviani saat diwawancarai Selasa (10/5).
Jadi, kata dia, mulai tahun ini pihaknya sudah mengambilkan ijazah profesinya tingkat dasar. Jadi ahli nautika tingkat dasar belum langsung jadi perwira sebab untuk jadi perwira banyak persyaratan yang harus dipenuhi, disamping itu biayanya juga lumayan lebih besar.
“Makanya supaya lebih mudah kita ambilkan mereka dari tingkat dasar. Yang penting mereka bisa kerja dulu di perusahaan pelayaran, setelah itu nanti mereka sendiri upgrade setelah lulus sambil bekerja mereka kumpul uang untuk melanjutkan lagi pendidikannya,” jelasnya.
Di SMK Pelayaran juga, lanjut dia, pihak sekolah bisa memfasilitasi masyarakat umum ingin mengikuti diklat. Karena jika mengurus sendiri mesti antre, proses membayarnya harus antre, bahkan untuk memasukan formulir harus mengantre.
“Tapi kalau ambil jalur dari perseorangan, untuk mengambil sertifikat kelautan untk profesinya itu harus ada masa layar selama enam bulan. Sedangkan kalau lewat kita mereka bisa langsung ambil sertifikat keterampilan disertai dengan sertifikat profesinya tanpa ada pengalaman layar selama enam bulan,” tuturnya. (m3/d/jie)

To Top