Sekolah Setuju Pelajar Gunakan Celana Panjang – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Sekolah Setuju Pelajar Gunakan Celana Panjang

Mahdin MPd. (Nirwan/BKK)

Mahdin MPd. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Pihak sekolah setuju dan mensuport agar seluruh siswa jengjang sekolah menengah pertama (SMP) menggunakan rok dan celana panjang. Pasalnya, intruksi agar pelajar SMP menggunakan celana panjang merupakan masalah kepantasan dan kepatutan.
Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 1 Kendari Mahdin SPd MPd mengatakan, instruksi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari agar pelajar menggunakan rok dan celana panjang sebagian besar dilaksanakan di sekolahnya.
“Kami sangat setuju dan mendukung sekali apa yang telah diintruksikan oleh pihak Dikbud. Memang, tahun ini pihak Dikbud akan kembali menegaskan agar seluruh siswa SMP yang ada di Kota Kendari bisa menjalankan imbauan itu,” ungkap Mahdin, Selasa (10/5).
Jika pelajar menggunakan celana panjang banyak sisi manfaatnya. Diantaranya, peserta didik dapat lakukan Salat Zuhur di sekolah. Disamping itu, mereka juga bisa terhindar dari gigitan nyamuk yang mungkin saja bisa membahayakan kesehatannya.
“Karena manfaat inilah, sehingga kami sangat mendukung instruksi Dikbud. Pasti, kami juga akan selalu mengimbau pelajar kami agar menggunakan celana panjang ketika pergi ke sekolah,” jelasnya.
Sejauh ini, sebut dia, masih ada pelajarnya yang menggunakan celana pendek. Namun, jumlahnya sangat kecil, satu sampai dua orang saja.
“Selain kami mengimbau pelajar, kami juga mengimbau kedua orang tua pelajar agar jangan membelikan seragam sekolah anaknya yang celananya pendek. Siswa kelas satu dan dua juga kami sudah imbau agar tidak memakai celana pendek lagi,” katanya.
Mahdin menuturkan, seragam sekolah yang diintruksikan untuk memakai celana panjang adalah seragam putih biru. Namun, di SMPN 1 Kendari ikut memberlakukan seragam batik dengan celana panjang.
“Olehnya itu, saya selaku kepsek sangat senang dengan hal maupun antusias siswa saya,” tuturnya. (m3/c/pas)

To Top