Sejumlah Pelajar Tidak Ikut UN karena Sakit – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Sejumlah Pelajar Tidak Ikut UN karena Sakit

Wakil Ketua DPRD Muna La Ode Diyrun SE bersama rombongan saat memantau pelaksaan UN di SMPN 1 Raha

Wakil Ketua DPRD Muna La Ode Diyrun SE bersama rombongan saat memantau pelaksaan UN di SMPN 1 Raha

RAHA, BKK – Hari kedua pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) di Kabupaten Muna, berjalan lancar. Namun, ada beberapa peserta yang tidak ikut lantaran sakit.

Pada pelaksanaan UN hari kedua ini, ikut dipantau sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muna yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Muna La Ode Diyrun SE.

Menurut Diyrun, pantauan UN merupakan salah satu tugas dan fungsi dewan sebagai lembaga pengontrol di bidang pendidikan.

“Kami melaksanakan pemantauan di sekolah-sekolah apakah ada masalah atau kendala terjadi,” kata politikus Partai Golkar ini saat meninjau sejumlah sekolah di antaranya SMPN 1 Raha, SMPN 4 Raha dan SMPN 2 Raha, Selasa (10/5).

Hasil pantauannya di SMP 2 Raha, jumlah pelajar yang ikut UN sebanyak 319 peserta. Di SMP ini, ada satu siswa sakit gangguan jiwa atas nama Novianti yang tetap mengikuti UN, walaupun secara terpisah dari peserta UN lainnya.

Usai memantau pelaksanaan UN di SMP 2 Raha, rombongan ikut melakukan kunjungan di SMP 4 Raha. Di sekolah ini, ada 124 pelajar yang ikut UN tahun ini. Namun, yang mengikuti UN hanya 119 orang.

Lima orang peserta tidak bisa mengikuti UN karena sudah ada yang meninggal dunia dan ada yang tidak melanjutkan sekolahnya lagi, walaupun pihak sekolah sudah menghubungi siswa tersebut.

Sedangkan di SMPN 1 Raha tercatat ada 2 pelajar yang tidak mengikuti UN karena sakit.

“DPRD Muna melakukan pengawasan ini, untuk memastikan apakah UN berjalan Lancar. Terkait sejumlah kendala seperti ada pelajar yang sakit namun ujian terpisah, kemudian ada peserta tidak hadir dan putus sekolah, kepala sekolah di SMPN 1 dan SMPN 4 Raha sudah menghubungi para orangtua siswa,” ujar Wakil Ketua DPRD Muna ini yang didampingi anggota dewan lain, La Usa dan La Ode Naftahu.

Diyrun menuturkan, bagi peserta UN yang sakit atau tidak melaksanakan UN, maka yang bersangkutan bisa mengukuti ujian susulan.

“Hasil kordinasi kami dengan para kasek di 3 SMP tadi, pelajar yang tidak ikut UN karena sakit dapat mengikuti UN susulan,” pungkasnya. (cr1/d/pas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top