Sebagian Wilayah Konut Belum Tersentuh Listrik – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Sebagian Wilayah Konut Belum Tersentuh Listrik

Dewan Minta Distamben segera Bermohon ke PLN

WANGGUDU, BKK – Penyaluran jaringan listrik di Kabupaten Konawe Utara (Konut) belum merata. Sebagian wilayah hingga saat ini masih belum tersentuh jaringan listrik, misalnya, Kecamatan Oheo, Landawe, Wiwirano, Langgikima, serta Kecamatan Lasolo Kepulauan.

Akibatnya, masyarakat di lima kecamatan ini masih mengandalkan Listrik Desa (Lisdes) untuk penerangan. Itu pun hanya beroperasi pada malam hari.

Kondisi memperihatinkan ini lantas mengundang perhatian Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat. Buntutnya, dua legislator dari unsur pimpinan, yakni, H Sudiro dan I Made Tarubuana, bertandang ke kantor Wilayah PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di Makassar, Sulawesi Selatan.

Hasil konsultasi dewan ke kantor wilayah PT PLN di Makasar bulan lalu rupanya disambut baik pihak PLN. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini menyarankan dewan segera merekomendasi pihak pemerintah kabupaten segera mengajukan proposal untuk permohonan pengadaan jaringan listrik baru di Konut .

“Tanggapan pihak PLN bagus. Setelah dari sana, kita langsung panggil pihak Dinas Pertambangan dan Energi. Mereka sudah kita diarahkan untuk membuat proposal untuk permohonan,” kata I Made Tarubuana saat ditemui di kantornya, Selasa (10/5).

Politisi asal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini berharap, pihak Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) segera menyampaikan proposal permohonan itu ke PT PLN Rayon Benubenua, Kota Kendari selanjutnya diteruskan ke kantor PLN di Makassar.

“Mereka berjanji pasti akan merespon. Jadi secepatnya harus disampaikan proposalnya,” lanjut Made.

Wakil Ketua II DPRD mengungkap konsultasi itu merupakan tindak lanjut dari keluhan masyarakat yang disampaikan ke dewan. Sekaligus untuk mempertanyakan status beberapa daerah seperti Tapunggaya, Oheo, dan Landawe. Di daerah itu, tiang serta kabel listrik sudah terpasang, namun hingga kini belum dialiri listrik.

“Hal ini kita lakukan karena begitu banyaknya pertanyaan-pertanyaan masyarakat kita. Salah satunya apa sebenarnya yang sudah dilakukan oleh Dewan. Kita akan upayakan agar seluruh wilayah di Konut dapat menikmati listrik,” ujarnya. (k7/c/jie)

Click to comment
To Top