Pilkada 2017, PDIP Tak Asal Comot Saksi – Berita Kota Kendari
Beranda

Pilkada 2017, PDIP Tak Asal Comot Saksi

Ketua PDIP Sultra, Hugua, melantik BSPN PDI-P Sultra, Selasa (10/05).

Ketua PDIP Sultra, Hugua, melantik BSPN PDI-P Sultra, Selasa (10/05).

Lantik BSPN Secara Permanen

KENDARI, BKK – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memastikan tidak akan asal comot saksi lagi di tengah jalan pada pesta demokrasi selanjutnya.

Di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2015, PDIP harus memungut saksi yang tidak terstruktur untuk menjaga perolehan suara calon yang diusungnya. Oleh PDIP, saksi pungut-pungut di jalan ini cukup memberatkan konsolidasi partai.

Untuk itu, mulai Pilkada 2017 hingga Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, PDIP telah memiliki saksi sendiri secara permanen. Selasa (10/5), Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulawesi Tenggara (Sultra) baru saja melantik kepala Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) PDIP se-Sultra.

“Selama ini, saksi kita pungut-pungut. Sekarang, sudah tidak lagi begitu karena kita sudah punya badan sendiri yang melembaga,” terang Ketua DPD PDIP Sultra Hugua di Hotel Athaya Kendari, Selasa (10/5).

Menurut Hugua, BSPN ini akan mendapatkan pelatihan mengenai mekanisme pengawasan saksi pada saat di tingkat TPS di setiap pesta demokrasi. Sehingga, dengan dibentuknya badan ini, maka setiap ada pemilihan mereka akan diturunkan.

“Badan ini, baru tahun ini dibentuk. Masa jabatan mereka, selama lima tahun. Mereka dipastikan akan jadi saksi di Pilkada 2017, Pilgub Sultra, Pilpres dan Pileg,” paparnya.

Ia berharap, BSPN ini bisa bekerja maksimal dalam menjaga suara calon yang diusungnya. Terlebih, kata dia, badan ini menjadi salah satu mesin politik atau gerakan sayap partai yang bisa menambah dukungan PDIP.

“Mereka masuk dalam struktur partai. Di bawah naungan DPP PDIP dari pusat. Untuk provinsi ada DPD-nya dan kabupaten atau kota ada DPC-nya,” tuturnya. (pas/jie)

Click to comment
To Top