Paripurna RPJMD, Amrullah Jabarkan Lingkaran Hati Emas – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Paripurna RPJMD, Amrullah Jabarkan Lingkaran Hati Emas

Penandatanganan dokumen awal RPJMD Konkep 2016-2021 oleh Bupati Konkep Ir H Amrullah MT dan Ketua DPRD Konkep Musdar SSos, Senin (9/5). (FOTO: HUSAIN/BKK)

Penandatanganan dokumen awal RPJMD Konkep 2016-2021 oleh Bupati Konkep Ir H Amrullah MT dan Ketua DPRD Konkep Musdar SSos, Senin (9/5). (FOTO: HUSAIN/BKK)

LANGARA, BKK – Visi misi Bupati dan Wakil Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Ir H Amrullah MT dan Andi Muh Lutfi SE MM dengan motto “Lingkaran Hati Emas ” dijabarkan pada rapat paripurna rancangan awal Rencana Program Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Konkep 2016 -2021 di ruang rapat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Konkep, Senin (9/5) malam.

Pada rapat paripurna tersebut Bupati Konkep, Ir H Amrullah MT menjelaskan bahwa lingkaran hati emas merupakan akronim dari lintas pembangunan kawasan berbasis rantai ekonomi masyarakat.

“Motto tersebut mengandung makna totalitas program pembangunan daerah yang akan kita laksanakan mencakup semua aspek kehidupan masyarakat baik dipandang dari sisi administratif pemerintahan daerah, kewilayahan maupun dari sisi kawasan yang ada di Pulau Wawonii,” jelasnya.

Dengan mencermati secara sungguh-sungguh, kata Amrullah, hasil analisis terhadap kondisi umum Konkep dan analisis terhadap permasalahan serta isu strategis dengan memperhatikan visi misi Sultra maka RPJMD ini adalah terwujudnya tata kelola peradaban masyarakat yang bebas dari belenggu keterbelakangan sosial ekonomi dan sosial budaya pada Tahun 2021.

“Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa RPJMD merupakan dokumen rsncana pembangunan lima tahunan daerah tentu tahapan dan tata cara penyusunannya harus mengikuti ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang pelaksanaan peraturan pemerintah nomor 8 tahun 2008 tentang tahapan, tata cara penyusunan, pengendalian dan evaluasi pelaksanaan rencana pembangunan daerah,” katanya.

Kata H Amrullah, satu hal yang perlu disampaikan pada rapat patipurna kali ini bahwa sesuai ketentuan pasal 61 Permendagri Nomor 54 Tahum 2010 menyatakan bahwa kepala daerah mengajukan kebijakan umum dan program pembangunan daerah serta indikasi rencana program prioritas yang disertai kebutuhan pendanaan yang tercantum dalam rancangan awal RPJMD kepada DPRD untuk dibahas dan memperoleh kesepakatan.

“Penanda tanganan nota kesepakatan antara kepala daerah dengan ketua DPRD dilaksanakan paling lama dua minggu sejak diajukan kepala daerah,” bebernya.

Dengan demikian dia berharap penandatanganan nota kesepakatan kebijakan umum rancangan awal RPJMD Konkep Tahun 2016 -2021 dapat dilaksanakan paling lambat minggu ke-4 bulan Mei 2016. (k4/c/jie)

Click to comment
To Top