Lima Balon Jalani Uji Kepatutan di Hanura – Berita Kota Kendari
Beranda

Lima Balon Jalani Uji Kepatutan di Hanura

KENDARI, BKK – Sebanyak lima bakal calon (balon) Wali Kota Kendari akan menjalani fit and propertest atau uji kepatutan dan kelayakan dari Partai Hanura, Rabu (11/5) di Plaza Inn Kendari.

Lima orang yang akan mengikut fit itu adalah Adriatma Dwi Putra (ADP), Abdurrahman Saleh, Abdul Rasak, Muhamad Zayat Kaimoeddin dan Andi Musakkir Mustafa.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura Kota Kendari Muhammad Yahya mengatakan, desain fit nanti merupakan kewenangan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Hanura. DPC, kata dia, hanya memfasilitasi pelaksanannya.

“Sistemnya nanti orang pusat yang tentukan. Mereka sendiri yang tahu,” terang Yahya kepada Berita Kota Kendari, Selasa (10/5).

Yahnya mengaku, setelah proses fit ini, pihaknya menunggu tahapan yang akan disampaikan oleh DPP.

Sebelumnya, ada enam balon Wali Kota Kendari yang mendaftar di Hanura. Hanya saja, satu balon bernama Amarullah harus tersisih karena berkasnya tidak lengkap. Sedangkan lima orang lainnya dinyatakan lengkap administrasinya.

“Dari enam, yang gugur Amarullah. Dia tidak melengkapi semua berkas yang disyaratkan,” terang Muhammad Yahya, Selasa (26/4).

Dengan demikian, Amarullah dipastikan sudah tidak bisa lagi menggunakan pintu partai besutan Wiranto ini.

“Kalau Amarullah, sudah pasti tdiak bisa lagi memakai Hanura,” ungkapnya.

Menurut Yahya, Amarullah gugur karena kurangan berkas. Hanya saja, Yahya kurang tahu pasti berkas yang belum dilengkapi politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

“Ada sekitar 27-an syaratnya. Saya tidak terlalu hafal. Kita sudah berikan waktu satu minggu setelah penutupan pendaftaran. Tapi, tidak dilengkapi yang bersangkutan. Kalau yang lain, memenuhi syarat semua,” ujarnya.

Untuk lima calon yang lolos verifikasi berkas, direncanakan akan mengikuti fit and propertest. Namun, kata dia, yang berhak menentukan jadwal dan waktu pelaksanaan uji kepatutan dan kelayakan ada di pusat.

“Kita tunggu saja jadwal dari pusat. Yang jelas, mereka yang lolos ini menunggu fit and propertest,” katanya.

Ia melanjutkan, calon yang berhak mendapatkan pintu Hanura adalah yang memiliki elektabilitas. Akan tetapi, semua itu akan dikembalikan ke DPP. Sebab, pusat lah yang memiliki kewenangan untuk menentukan calon yang diusung.

“Kalau saya sih, idealnya harus berdasarkan elektabilitas. Sebab, semua partai ingin menang. Tapi, kita akan kembalikan ke DPP nanti,” pungkasnya. (pas/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top