Hugua : PDIP Belum Tentukan Paslon – Berita Kota Kendari
Suksesi

Hugua : PDIP Belum Tentukan Paslon

KENDARI, BKK – Dewan Pimpinan Daerah PDIP Sulawesi Tenggara sejauh ini belum menentukan pasangan calon pada Pilkada 2017. Ketua DPD PDIP Sultra Hugua menyatakan, kepastian penetapan calon ada di tangan DPP.

Sebelum itu, kata dia, partai akan melakukan survei terhadap seluruh calon yang mendaftar di partai berlambang banteng ini. “Untuk saat ini, belum bisa dipastikan siapa yang diusung, kader atau bukan kader,” terang Hugua di Hotel Athaya Kendari, Selasa (10/5).
Soal adanya pernyataan Ishak Ismail yang ingin berpaket dengan Amarullah, Hugua mengaku tidak masalah kalau ada pernyataan seperti itu. Menurutnya, pernyataan seperti itu hal biasa dalam politik.
Namun, ia menegaskan, PDIP belum memastikan calon yang akan diusungnya nanti karena menunggu hasil survei. “Kita juga belum lakukan penjaringan. Nanti, setelah keluar survei baru ditentukan,” ungkapnya.
Proses penjaringan balon kepala daerah akan melibatkan lembaga survei yang ditunjuk oleh partainya. Hasil survey kemungkinan akan dirilis pada  Juni atau Juli mendatang.
“Calon sudah bisa dipastikan di situ (berdasarkan hasil survei),” jelasnya.
Menurut Bupati Wakatobi dua periode ini, survei sudah menjadi instrumen penting dalam menentukan Paslon yang akan diusung. Diakuinya DPC PDIP Kendari telah mengusulkan tiga sampai lima nama ke DPD PDIP Sultra.
Usulan nama-nama itulah yang nantinya akan disurvei tingkat popularitas, aksepbilitas dan elektabilitasnya. Yang paling tinggi hasil surveinya, itulah yang akan diusulkan DPD ke DPP PDIP.
“Nanti, DPP yang menentukan siapa yang akan diusung,” tekannya.
Untuk itu, ia berharap kepada para calon untuk terus sosialisasi dan melakukan survei sendiri.
“Semakin banyak survei calon, maka semakin ada bayangan yang diusung. Saya imbau kepada semua calon untuk survei. Ini survei bukan untuk kami, tapi untuk mereka sendiri,” pungkasnya. (pas/b/aha)

Click to comment
To Top