Kasuistika

Bocah Delapan Tahun Tewas Tenggelam di Sungai Lamekongga

Tim Pos SAR Kolaka saat mengevakuasi jenazah Dilah. (FOTO:ONO/BKK)

Tim Pos SAR Kolaka saat mengevakuasi jenazah Dilah. (FOTO:ONO/BKK)

KENDARI, BKK – Seorang bocah berusia delapan tahun bernama Dilah ditemukan tewas tenggelam di Sungai Lamekongga Kecamatan Wundulako Kabupaten Kolaka.
Kepala Kantor Search And Rescue (SAR) Kendari Amiruddin SSos MSi, melalui hubungan masyarakat (humas) Wahyudi mengatakan, anak yang tinggal di Kelurahan Ngapa ini dilaporkan tenggelam pada Senin (9/5) sekitar pukul 16.30 Wita.
“Korban kita temukan pada hari itu juga sekitar pukul 21.30 Wita dalam kondisi tak bernyawa. Berarti dia (Dilah, red) berada dalam air sudah sekitar lima jam lamanya,” sambung pria yang akrab disapa Yudi ini, Selasa (10/5).
Yudi menyebut, korban ditemukan dalam posisi terlentang di dasar sungai.
Menurut dia, insiden tersebut bermula saat korban meminta izin pergi mengaji bersama teman-temannya, ternyata korban malah singgah bermain-main di sungai. Saat mendekati areal sungai yang agak dalam,  tiba-tiba korban tenggelam.
“Sungai tempat bermain korban adalah bekas pengerukan. Dulunya dalamnya hanya sampai lutut, kini sudah setinggi orang dewasa,” beber Yudi.
Diungkapkan, korban ditemukan setelah lima orang tim Pos SAR Kolaka melakukan pencarian selama dua jam di tempat kejadian musibah (TKM). Pencarian dibantu lima anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolaka dan tim rescue PT Aneka Tambang (Antam) serta puluhan warga sekitar juga terlibat membantu mencari korban dengan alat seadannya.
Yudi menambahkan, kala melakukan pencarian, tim sempat mengalami kendala, karena air sungai yang keruh. Sementara pencarian dilakukan dengan cara menyelam.
“Untuk mempermudah tim dalam melakukan upaya pencarian korban, kami mencoba untuk membendung sungai dengan menggunakan alat berat berupa excavator yang secara kebetulan berada di sekitar TKM,” jelasnya. (p4/c/kas)

To Top