282 Calon Bertarung di Pilkades Konsel Serentak – Berita Kota Kendari
Suksesi

282 Calon Bertarung di Pilkades Konsel Serentak

Andoolo,

Bupati konsel,H.Surunuddin Dangga ST.MM saat memberi wejangan kepada calon Kades se Kab.Konsel di depan rumah jabatannya.

Bupati konsel,H.Surunuddin Dangga ST.MM saat memberi wejangan kepada calon Kades se Kab.Konsel di depan rumah jabatannya.

BKK – Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 85 Desa se-Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Badan Pemberdayaab Masyarakat Desa (BPMD) Konsel menggelar persiapan dengan rapat konsolidasi, Selasa (5/10).

Dalam rapat konsolidasi itu bertemakan, ”Deklarasi Damai dan Penandatanganan Fakta Integritas Calon Kepala Desa”. Rapat tersebut diikuti seluruh SKPD, para calon kades, camat dan panitia pemilihan kepala desa (PPKD) dan ketua BPD se Kabupaten Konsel. yang berlangsung di depan Rumah Jabatan Bupati Konsel.

Rapat ini turut dihadiri Bupati Konsel H Surunuddin Dangga ST MM, Wakil Bupati DR Arsalim, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, Ketua Pengadilan Negeri Andoolo,Anak Agung Gede Susila Putra SH MHum, Kapolres Konsel AKBP Hendrick Widyana.

Bupati Konsel, H.Surunuddin Dangga dalam sambutannya mengatakan, untuk menjadi pemimpin harus mempunyai ketulusan dan bisa menciptakan suasana yang baik dan damai itu dimulai dari personal calon kades.

Menurutnya, jabatan kades merupakan jabatan paling urgen dalam perkembangan suatu daerah, sehingga, kades harus mempunyai potensi akademik, memiliki kestabilan kejiwaan, dan dapat mengontrol emosionalnya dalam memimpin masyarakat.

“Potensi itu harus dimiliki. Kepala desa merupakan pemimpin daerah yang terdepan, karena sehari-harinya berhadapan dan berurusan langsung dengan masyarakat, jika emosi tidak terkendali wah repot itu, jadi kalau ingin jadi calon kades harus siap mental, dan siap menang siap kalah,” katanya.

Sementara itu, Kepala BPMD Konsel Saifullah SE mengaku, peserta calon kades sebanyak 282 orang itu akan bersaing pada Pilkades serentak di 85 desa dari 24 kecamatan se-Kabupaten Konsel pada 15 Mei 2016 mendatang.

“Tahapannya sudah dimulai saat ini,” ungkapnya.

Saifullah juga menjelaskan, berdasarkan tahapan pilkades serentak, maka untuk masa kampanye sekaligus visi misi calon akan dilaksanakan pada 10-12 mei 2016. Selanjutnya, pada 13-14 Mei 2016 sudah memasuki masa tenang sebelum pemilihan calon kades pada 15 mei 2015. (k8/d/pas).

To Top