UNBK di SMPN 1 Kendari Mulur Satu Jam – Berita Kota Kendari
Pendidikan

UNBK di SMPN 1 Kendari Mulur Satu Jam

Pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Kendari. (Nirwan/BKK)

Pelaksanaan UNBK di SMPN 1 Kendari. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasi Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kendari sempat mulur satu jam.
Hal ini dikarenakan, pergantian Aplikasi yang dilakukan oleh pihak pengelola UNBK Puspendik yang begitu mepet.
Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari Makmur SPd MPd mengatakan, dari pantauannya, UNBK di SMPN 1 Kendari sempat ada kendala, yakni lambatnya koneksifitas dengan server pusat. Akibatnya, UNBK tertunda selama satu jam.
“Namun, kendala ini sudah dapat diantisipasi denga baik pihak sekolah sehingga UNBK bisa dilangsungkan kembali. Pihak sekolah sudah mengantisipasi hal tersebut dengan tidak mengurangi waktu mengerjakan soal bagi peserta gelombang pertama,” ungkap Makmur usai memantau UN di SMPN 1 Kendari, Senin (9/5).
Makmur berharap, pada gelombang berikutnya tidak terjadi kendala seperti ini. Selain itu, ia berharap mulurnya UN ini, tidak mempengaruhi kosentrasi siswa dalam mengerjakan soal ujian.
Sementara itu, Kepsek SMPN 1 Kendari Mahdin MPd menatakan, semua kendala yang sempat menghambat jalannya UNBK pada gelombang pertama sudah kembali normal.
“Saya harap, semoga kendala yang terjadi jangan sampai merugikan peserta ujian,” ujarnya.
Proktor Utama UNBK Parudin SPd MPd menjelaskan, yang menghambat jalannya UNBK di hari pertama dikarenakan pengelolah UNBK (Puspendik) merilis sambro terbaru pada pukul 05.41 Wita. Padahal, sambro yang dipersiapkan oleh pihak sekolah adalah sambro versi 45 06 sementara yang dirilis oleh pihak Puspendik tadi pagi kurang lebih pukul 05.40 Wita adalah sambro 45 09.
“Ini akibat pengubahan apliasi terbarunya,” jelasnya.
Sambro adalah hubungan antara klien dengan servel lokal yang ada disekolah. Bukan hubungan ke pusat.
Hambatan ini, sambung dia, tidak saja dialami di sekolah yang ada di Kota Kendari. Akan tetapi, seluruh sekolah di Indonesia juga mengalami kendala yang sama.
“Saya saja tadi datang di sekolah pukul 06.00 Wita, saat itu pula saya baru lihat bahwa ada aplikasi baru saat itu pula saya langsung mengupdate aplikasi yang baru itu,” akunya.
Salah seorang siswi SMPN 1 Kendari Adibah Fauziah A mengatakan, sebelum UNBK dimulai seluruh komputer yang ada diinstal ulang semua untuk mengupdate aplikasi terbaru itu.
“UNBK memang sempat ditunda. Namun setelah kendala itu tidak ada kendala lagi yang didapatkan hingga gelombang pertama berakhir,” tuturnya. (m3/c/pas)

Click to comment
To Top