Nihil Kasus Malaria, Butur Peroleh Penghargaan Menkes – Berita Kota Kendari
Aktualita

Nihil Kasus Malaria, Butur Peroleh Penghargaan Menkes

BURANGA, BKK– Pemerintah Kabupaten Buton Utara memperoleh Penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI atas usahanya keluar dari daerah endemik Malaria.

Penghargaan berupa Sertifikasi Eliminasi Malaria tersebut diserahkan Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Prof Dr dr Nila Juwita Moeloek, pada Hari Malaria Sedunia yang dipusatkan di Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma, Provinsi Bengkulu, belum lama ini.
“Alhamdulillah, Butur menjadi daerah bebas Malaria dan berhasil dapat penghargaan dari Menteri,” ungkap Kepala Dinkes Butur dr. Mady Isa, M.Kes di kantornya, akhir pekan lalu.
Penghargaan itu berdasarkan penilaian dari tim Kemenkes yang melakukan pemantauan terhadap rumah sakit dan lingkungan. Hasilnya, kasus malaria ditemukan nihil. Kalaupun ada, pasien tersebut merupakan pendatang dari luar daerah atau perantau.
Pada 2011 lalu, Butur masih digolongkan daerah endemis Malaria.
“Jadi dilihat dari kasus yang ada, Butur dari dua tahun lalu mulai turun jadi endemis rendah, kemudian berjalan hingga tahun ini tak ada sama sekali kasus. Kalaupun ada itu dari luar daerah,” imbuhnya.
Edy pun berterima kasih atas upaya berbagai pihak. Sebab diakuinya, prestasi tersebut tak hanya berasal dari usaha pemerintah, tetapi juga masyarakat yang selama ini intens menjaga lingkungannya.  (k5/c/aha)

Click to comment
To Top