Takut Disantet, Kades Enano Laporkan Warganya – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Takut Disantet, Kades Enano Laporkan Warganya

KABAENA, BKK- Kepala Desa Enano, Kecamatan Kabaena Tengah, Alioddin SE melaporkan warganya bernama Jaenuddin (57) kepada kepolisian setempat. Laporan tersebut didasari ketakutan sang Kades atas kemungkinan disantet oleh Jaenuddin.

Kepala Unit Reserse dan Kriminal (Kanitreskrim) Polsek Kabaena Timur, Brigadir Polisi Kepala (Bripka) Andi Mattulolo membenarkan adanya aduan tersebut. Menurut dia, laporan tersebut menyebutkan Jaenudin, warga Enano, berkunjung ke rumah Bandu, salah seorang warga Dusun Olohaka, Desa Baliara, Kecamatan Kabaena Barat yang dikenal sebagai dukun.
Namun yang tak diketahui Jaenuddin, Bandu kemudian memberitahukan kepada Alioddin bahwa ada warga yang datang ke rumahnya untuk ‘menyingkirkannya’
“Menurut aduan pak Kades (Alioddin), pak Kades itu mau disantet oleh saudara Jaenudin,” ungkap Andi Mattulolo yang dikonfirmasi wartawan koran ini, Sabtu (7/5).
Meski telah dilaporkan ke polisi, namun laporan itu tidak bisa diproses. Pasalnya, peristiwa itu terjadi di wilayah hukum Polsek Kabaena.
“Kita akan segera limpahkan laporan ini ke Polsek Kabaena,” katanya.
Dikonfirmasi terpisah, Jaenudin membenarkan jika dirinya memang pernah berkunjung ke rumah Bandu. Meski begitu, dia menyangkal bermaksud mencelakai Aliodin selaku kepala desanya.
“Benar memang saya pernah datang ke rumahnya Bandu, tapi bukan saya berniat guna-guna itu kepala desa. Waktu itu saya hanya kebetulan singgah di rumahnya karena ikut teman saya. Di situ kita diskusi masalah kinerja kepala desa masing-masing,” cerita Jaenudin.
Menurutnya, kinerja Kades Enano tak memuaskan. Namun hal itu langsung ditangkap oleh Bandu.
“Nah di situ mi Pak Bandu bilang, gampang itu. Tinggal saya bacakan doa saja supaya itu kepala desamu (Aliodin) tidak tenang dan pergi dari kampungmu. Atas pernyataan pak Bandu ini, lalu saya setuju karena memang kinerjanya ini kita punya kepala desa sangat amburadul,” ungkapnya.
Sementara Kepala Desa Enano, Aliodin belum dapat dikonfirmasi terkait masalah ini. (cr2/b/aha)

To Top