PN Raha Vonis Bebas Terdakwa – Berita Kota Kendari
Kasuistika

PN Raha Vonis Bebas Terdakwa

Kasus Ilegal Loging Di Butur
RAHA, BKK- Pengadilan Negeri Raha, Rabu (4/5), memvonis bebas terdakwa kasus ilegal logging di Kabupaten Buton Utara, Ristang. Atas putusan PN Raha ini, Kejaksaan Negeri Raha langsung mengajukan kasasi.
Sebelumnya, Jaksa Penuntut Umum Kejari Raha, Feby SH menuntut Ristang dengan pasal 83 ayat 1 huruf A dan B, UU nomor 18 tahun 2013 tentang ilegal logging, dengan ancaman hukuman 2 tahun pidana penjara, denda Rp 500 juta, subsiber 3 bulan penjara. Ristang merupakan ABK kapal Cahaya Fitriyani yang mengangkut kayu ilegal sekitar 200 kubik
Namun jeratan hukum jaksa tersebut dilepas oleh majelis hakim yang dipimpin langsung Ketua PN Raha Ranto Indra Karta SH, MH dan dua hakim anggota Zainal, SH dan Adi SH. “Kami langsung ajukan kasasi,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Raha Badrut Tamam, SH MH melalui juru bicara Kejari Raha, Kasi Intel La Ode Abdul Sofian, SH MH, Minggu (8/5) pada koran ini.
Kasus Ristang ini menjadi menarik karena diduga melibatkan anggota DPRD Buton Utara bernama Herman Yanto alias Boby sebagai tersangka. Herman Yanto sendiri tengah menghadapi penyidikan tahap kedua yang berarti barang bukti dan tersangka akan diserahkan dari Kejati Sultra ke Kejari Raha.
Sofian melanjutkan, Herman Yanto terseret dalam kasus tersebut berdasarkan pengakuan Ristang dalam persidangan. Ristang telah mengakui bahwa kayu sebanyak 200 kubik yang diangkut Kapal Cahaya Striyani adalah milik anggota DPRD Butur Herman Yanto alias Boby.
Baik Ristang maupun Herman Yanto dijerat dengan pidana yang sama, yakni pasal 83 ayat 1 huruf A dan B, UU nomor 18 tahun 2013 tentang ilegal logging. (cr1/b/aha)

Click to comment
To Top