Pemkab Hanya Cairkan Rp 20 M untuk Pilkada Mubar – Berita Kota Kendari
Suksesi

Pemkab Hanya Cairkan Rp 20 M untuk Pilkada Mubar

LAWORO, BKK – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) hanya mengalokasikan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mubar sebesar Rp 20 miliar dari usulan KPU Rp 22 miliar.

Kepala Dinas Pendapatan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Mubar Zakaruddin SE MSi mengatakan, pihaknya telah mengalokasikan dana tersebut dalam APBD Mubar Tahun 2016. Menurutnya, tidak ada pengaruh tentang adanya pengurangan anggaran akibat penerbitan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) dengan usulan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Tidak ada masalah dengan dana Pilkada di Mubar. Usulan KPUD Mubar memang Rp 22 miliar, tapi belum kita penuhi. Kekurangan Rp 2 miliar itu, akan kami alokasikan dalam APBD Perubahan Mubar Tahun 2016,” terang Zakaruddin Saga kemarin.

Besarmya dana Pilkada Mubar, sebut dia, karena ada perubahan regulasi mengenai masa kerja panitia penyelenggara pilkada dari 6 bulan menjadi 9 bulan. Kemudian, adanya kenaikkan honor dua kali lipat penyelenggara.

“Memang, dalam naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) nanti tetap kita tandatangani dana Pilkada Mubar sebesar Rp 22 miliar. Tapi, khusus untuk dana sengketa pilkada sebesar Rp 2 miliar itu, akan kita alokasikan dalam APBD P tahun 2016,” papar pria yang akrab disapa Omjek ini.

Total anggaran Rp 20 miliar itu, sudah dengan hitungan logistik dan alat peraga kampanye yang ditanggung KPUD Mubar. (cr1/d/pas)

Click to comment
To Top