HMI Kendari Sayangkan Pernyataan Wakil Ketua KPK – Berita Kota Kendari
Beranda

HMI Kendari Sayangkan Pernyataan Wakil Ketua KPK

Kader HMI saat melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Saranani, memblokade jalan serta membakar ban. (Foto: ONO/BKK)

Kader HMI saat melakukan aksi unjuk rasa di Jalan Saranani, memblokade jalan serta membakar ban. (Foto: ONO/BKK)

KENDARI, BKK – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kendari, melakukan aksi unjuk rasa mengecam pernyataan yang dilontarkan Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Saut Situmorang, Sabtu (7/5).
Dalam aksi ini, puluhan kader HMI Kendari memblokir Jalan Saranani, tepatnya di depan Bioskop Kendari, dengan membakar ban bekas, sehingga menimbulkan kemacetan panjang. Aksi dimulai pukul 16.00 hingga pukul 21.20 Wita.
Mereka meminta Wakil Ketua KPK Saut Situmorang mundur dari jabatannya dan meminta maaf secara terbuka terkait pernyataan yang mengaitkan korupsi dan organisasi.
Berdasarkan pernyataan dalam Talkshow di salah satu televisi, Saut Situmorang mengatakan, “Mereka orang-orang cerdas ketika menjadi mahasiswa kalau HMI LK 1, tapi ketika menjadi pejabat mereka korup dan sangat jahat.”
Karena itu, sejumlah kader maupun alumni HMI se Indonesia turun jalan menyayangkan pernyataan tersebut, tak terkecuali HMI Cabang Kendari.
Ketua Umum Badan Koordinasi HMI Cabang Kendari, Salim Salisman mengatakan, pernyataan salah satu pimpinan KPK Saut Situmorang memunculkan reaksi dari kader dan alumni HMI.
“Kami meminta Saut Sitomorang segera mundur dari jabatannya, dan meminta maaf secara terbuka, karena dinilai merusak citra HMI,” terangnya saat ditemui di lokasi aksi.
Masih kata dia, aksi ini akan terus berlanjut. Pihaknya akan melakukan aksi serentak di Markas Kepolisian Daerah (Polda) Sultra dan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, serta akan melaporkan atas tindakkan pernyataan yang dilakukan Saut Situmorang mengatakan kader HMI yang melakukan korupsi.
“Kami kader HMI akan terus melakukan perjuangan dan perlawanan atas pernyataan Saut Situmorang yang telah melecehkan organisasi HMI,” ucapnya kepada Wartawan Harian Berita Kota.
Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Hidayatulah mengungkapkan, organisasi HMI adalah sebuah perkumpulan atau himpunan kaderisasi, kekayaan intelektual bangsa, menanggapi pernyataan itu, harus dicabut kembali, karena dianggap mencoreng HMI.
“Siapapun marah dong, tentang pernyataan itu, itu gak boleh loh, dan harusnya belajar bertanggung jawab dong, harus dicopot,” tegasnya.
Aksi yang sementara berlangsung sempat terjadi perseteruan antara pendemo dengan pengendara, sehingga salah satu pendemo Ahmad Sadikin dipukuli oleh pengendara yang tak dikenalnya, mengenai pelipis mata sebelah kanan dan lehernya dicekik oleh pengendara. Namun pendemo tidak terpancing dengan hal itu, dan kemudian melanjutkan aksi.
Setelah usai melakukan aksi, para pendemo membubarkan diri dengan tertib, sehingga arus Lalu Lintas yang melewati Jalan itu kembali Normal. (p4/c/jie)

Click to comment
To Top