Pendidikan

Empat Siswa di Baubau Tak Lulus UN

Sejumlah siswa di Kota Baubau melakukan aksi coret-coret seragam usai mengetahui lulus UN. (Adnan/BKK)

Sejumlah siswa di Kota Baubau melakukan aksi coret-coret seragam usai mengetahui lulus UN. (Adnan/BKK)

BAUBAU, BKK – Empat siswa SMA sederajat di Kota Baubau dinyatakan tak lulus Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tahun 2016.

Peserta UN SMA sederajat di Kota Baubau, berjumlah 3.208 siswa dari 26 sekolah penyelenggara, baik negeri dan swasta.

Empat siswa tak lulus UN itu berasal dari empat sekolah berbeda yakni, SMAN 3, SMAN 4, SMA Swasta Bataraguru, dan SMA Swasta Mutiara. Sementara sekolah yang lain lulus 100 persen.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikmudora) Kota Baubau Drs H Masri MPd membenarkan. Dia menyebut, presentase kelulusan untuk tahun ini 99,87 persen.

“Itu sudah hasil maksimal yang didapat para siswa. Namun, angka presentase kelulusan tahun ini cukup baik, meskipun tahun lalu angka kelulusan di Kota Baubau mencapai 100 persen,” ungkapnya.

Pengamatan di sejumlah sekolah, berbagai cara dilakukan siswa meluapkan kegembiraan kelulusan. Di SMAN 2 Baubau, ratusan siswa tumpah ruah di depan sekolah dengan mencoret-coret baju seragam sekolah mereka.

Ada yang berekspresi dengan berteriak-teriak, ada yang saling merangkul. Namun yang tampak jelas, aksi coret-coret seragam sekolah. Baju putih abu-abu yang dikenakan tampak penuh tulisan dan cat pilox, terlihat pula, sejumlah siswa juga mengecet rambut mereka.

“Ini kan setahun sekali kak, nda akan lagi kayak gini, jadi wajarlah kita coret-coret baju,” kata seorang siswi Iche.

Sejumlah aparat kepolisian yang berjaga sejak pagi, tampak sibuk mengamankan para siswa yang sudah tumpah ruah hingga ke jalanan. Para polisi meminta siswa untuk tidak merayakan kelulusan hingga ke jalanan.

Sementara di SMKN 1 Baubau, para siswa tidak diperkenankan melakukan aksi coret-coret seragam. Sebagai gantinya, ratusan siswa menggelar sujud syukur sebagai bentuk kegembiraan telah lulus sekolah. (k2/c/pas)

To Top