5.442 Siswa SMA di Kendari Lulus 100 Persen – Berita Kota Kendari
Pendidikan

5.442 Siswa SMA di Kendari Lulus 100 Persen

Makmur SPd MPd. (Nirwan/BKK)

Makmur SPd MPd. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Seluruh siswa sekolah menengah atas (SMA) di Kota Kendari yang mengikuti ujian nasional (UN) dinyatakan lulus 100 persen.
Di Kota Kendari, jumlah peserta UN untuk SMA dan MA sebanyak 3.711 peserta sedangkan untuk SMK sebanyak 1.731 orang dengan total keseluruhan sebanyak 5.442 dinyatakan lulus.
Kepala Dinas (Kadis) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari Makmur SPd MPd mengatakan, semua yang ikut UN dinyatakan lulus, terkecuali peserta tersebut tidak mengikuti ujian.
“Namun sepanjang siswa mengikuti UN tersebut maka siswa yang bersangkutan dinyatakan lulus,” ungkap Makmur, Minggu (8/5).
Ia meminta, seluruh siswa yang telah lulus jangan pernah merasa puas dan berbangga diri. Mereka, harus lebih giat belajar dan lebih disiplin karena hasil UN akan dijadikan dasar untuk masuk seleksi ke jenjang Perguruan Tinggi Negeri (PTN).
“Adapun standar UN yang diberikan kepada sekolah masih seperti tahun lalu. Sehingga, tidak ada kekhawatiran bagi peserta didik tidak akan lulus. Kelulusan siswa ditentukan sekolah,” jelasnya.
Makmur menyebut, siswa yang lulus minimal kualifikasinya berada pada kategori baik dan sangat baik. Kemudian, harus lulus ujian sekolah. Apa bila ada siswa yang tidak mengikuti ujian sekolah secara otomatis siswa yang bersangkutan tidak akan lulus.
“Bagi siswa yang ingin masuk diperturuan tinggi, tidak ada standarisasinya. Artinya, kategori capaian hasil UN peserta didik itu dikategorikan dalam empat kategori. Dimana kategori pertama sangat baik berada pada level 85-100, kemudian baik 70-85, cukup 55-70, kemudian dibawah 55 itu kurang,” paparnya. (m3/c/pas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top