DKPP Putuskan KPU Muna Tak Bersalah – Berita Kota Kendari
Beranda

DKPP Putuskan KPU Muna Tak Bersalah

KENDARI, BKK – Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) memutuskan lima anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna tak bersalah.

 

Sidang pembacaan putusan ini, dipimpin langsung Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie, Rabu (4/5).

 

Setelah mendengarkan keterangan pelapor, terlapor dan saksi sebanyak dua kali sidang, DKPP hanya memberikan sanksi peringatan kepada lima komisioner.

 

Seluruh dugaan pelanggaran etik seperti diadukan oleh tim LM Rusman Emba-Malik Ditu tidak terbukti.

 

Beberapa dugaan pelanggaran yang dilakukan KPU Muna dalam Pilkada 2015 kemarin menjadi bahan aduan tim Rumah Kita. Di antaranya, data pemilih yang carut marut, pembagian formulir C6 yang bermasalah serta dugaan keberpihakan penyelenggara.

 

Namun, DKPP menilai seluruh aduan itu dapat dibantah oleh KPU.

 

Kini, KPU Sultra diperintahkan untuk menindaklanjuti putusan DKPP ini dengan melakukan pembinaan terhadap lima komisioner KPU Muna.

 

Anggota KPU Muna Rakhmat Andang Jaya menyambut baik putusan ini. Melalui pesannya kepada Berita Kota Kendari.com, menganggap kebenaran ada di pihaknya.

 

Menurutnya, selama menjalankan tugas penyelenggaran Pilkada 2015, tidak ada pelanggaran yang dilakukan KPU.

 

“Alhamdulillah. Kita bersyukur DKPP mendengarkan keterangan kami. Di KPU Muna, telah menjalankan tugas sesuai aturan,” katanya.

 

Andang sendiri, merupakan anggota KPU Muna yang dituduh berpihak pada salah satu paslon. Dengan putusan ini, kata Andang, menunjukkan dirinya profesional dalam menjalankan tugas kepemiluan.

 

“I love KPU. Saya abdikan diriku untuk lembaga yang tercinta ini,” ciut Andang dalam statusnya. (pas)

Click to comment
To Top