Polda Kembali Telusuri UKT UHO – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Polda Kembali Telusuri UKT UHO

KENDARI, BKK – Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali melakukan penyelidikan atas kasus dugaan korupsi uang kuliah tunggal (UKT) mahsiswa Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari

Dugaan korupsi jenis pungutan liar (liar) ini sempat lenyap perkembangannya, seiring dengan penyidik yang menangani kasusnya pindah tugas dari subdirektorat (subdit) tindak pidana korupsi (tipikor) ke fungsi lain di Polda Sultra.

“Penyelidikan kasus tersebut (UKT, red) saat ini masih berlanjut,” ujar Kepala Subbidang (Kasubbid) Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PID) Humas Polda Sultra Komisaris Polisi (Kompol) Dolfi Kumaseh, Senin (2/5).

Dikatakan, penyidik telah memanggil Wakil Rektor (WR) III UHO Dr La Ode Ngkoemani untuk dimintai keterangan sebagai saksi, namun sayang belum menghadiri panggilan tanpa pemberitahuan resmi.

“Penyidik sudah memanggil WR III, tapi belum sempat hadir,” kata Dolfi.

Diberitakan, UKT yang dihitung berdasarkan penghasilan orangtua mahasiswa itu, seharusnya mulai diberlakukan pada 2013. Namun, pihak UHO langsung memberlakukan pada 2012 sebelum adanya keputusan yang sah dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, sementara keputusan Menteri turun pada 2013.

Atas dasar itu, penyidik menduga pihak UHO telah menyalahi kewenangan atas pemberlakukan UKT. Karena pihak UHO tidak tunduk pada aturan yang berada di atasnya. (kas)

To Top