PDIP Gunakan Dua Lembaga Survei – Berita Kota Kendari
Suksesi

PDIP Gunakan Dua Lembaga Survei

KENDARI, BKK – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) telah melakukan survei elektabilitas bakal calon (balon) di tujuh daerah yang menyelenggarakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Sekretaris DPD PDIP Sultra Litanto mengatakan, dua lembaga survei yang dipakai partai berlambang banteng ini adalah Indobarometer dan Lembaga Survei Indonesia (LSI). Litanto mengaku, hasil survei balon di tujuh daerah sudah bisa diketahui pada 21 Mei 2016.

“Kita sudah turunkan beberapa lembaga survei beberapa waktu lalu,” ungkapnya saat ditemui di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Sultra, Senin (2/5).

Ketua Fraksi PDIP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra ini menambahkan, seluruh balon yang mendaftar sudah diwawancarai dan mengikuti fit and propertest di Makassar. Untuk hasilnya, kata dia, harus menunggu survei.

“Belum bisa kita tetapkan saat ini karena belum ada hasil survei,” katanya.

Bila sudah ada hasil survei, tambah dia, PDIP akan mengusulkan tiga hingga empat nama ke DPP untuk dipertimbangkan.

“Nama-nama yang sudah disurvei ini akan kita lihat seperti apa elektabilitasnya. Nanti, tiga atau hanya empat nama yang diusulkan,” ujarnya.

Setelah survei, kata dia, DPD PDIP Sultra akan melakukan pemetaan dan mengidentifikasi potensi nama-nama yang diusulkan ke DPP. Hal ini, sebut dia, menjadi salah satu pertimbangan bagi balon yang akan diusung.

Untuk mengimbangi hasil survei, DPP dan DPD PDIP akan menurunkan tim monitoring untuk memantau langsung perkembangan calon di daerah.

“Kita tidak semata merujuk pada hasil survei. Kita juga akan turun mengecek langsung seperti apa elektabilitasnya,” tuturnya. (pas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top