Hardiknas, Ruksamin Tekankan Kualitas Karakter – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Hardiknas, Ruksamin Tekankan Kualitas Karakter

WANGGUDU, BKK – Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh setiap 2 Mei, Bupati Konawe Utara (Konut) Ruksamin menekankan kualitas karakter.

Hal ini, dikatakannya saat bertindak sebagai inspektur upacara perayaan Hardiknas di Konut di Kantor Bupati Konut, Senin (2/5). Turut hadir, Wakil Bupati Konut Raup, Ketua DPRD Konut Jefri Prananda Plt Sekretaris Kabupaten (Sekab) H Marthaya, unsur musyawarah pimpinan daerah (muspida) dan guru-guru.

Dalam sambutannya, Ruksamin menyebut tiga komponen penting untuk memenuhi kebutuhan pendidikan saat ini. Yakni, kualitas karakter, kemampuan literasi serta kemampuan kompetensi.

Menurutnya, di abad ini anak-anak Indonesia harus mampu menghadapi masalah-masalah kompleks dan tidak terstruktur.

“Untuk itu, mereka harus membutuhkan kompetensi kemampuan kreativitas, berpikir kritis, dan memecahkan masalah serta kemampuan komunikasi dan kolaborasi,” katanya.

Ruksamin berharap, peringatan Hardiknas tidak hanya dijadikan acara seremoni belaka. Momentum Hardiknas harus diaktualisasikan demi mewujudkan kualitas pendidikan yang bermuara dengan kualitas hidup manusia.

“Manusia yang terdidik dan tercerahkan adalah kunci keberhasilan bangsa. Karena segala capaian yang diraih sebagai individu maupun sebagai bangsa kolektif tak terlepas dari persinggungan dengan pendidikan. Sebab, mutu dan jenjang pendidikan berdampak besar pada ruang kesempatan untuk maju dan sejahtera,” paparnya.

Dia menambahkan setiap warga berhak mendapatkan akses pendidikan yang bermutu. Tidak hanya sesaat, melainkan sepanjang hidupnya. Mengingat dunia saat ini sangatlah berbeda dengan yang lalu.

“Salah satu dukungan kita pada anak-anak adalah memastikan pelajaran yang mereka butuhkan dalam menjawab tuntutan zaman,” tuturnya. (k7/d/pas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top