Abu Hasan: Hasil Sensus Tentukan Kebijakan Pemerintah – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Abu Hasan: Hasil Sensus Tentukan Kebijakan Pemerintah

Abu Hasan: Hasil Sensus Tentukan Kebijakan Pemerintah

Bupati Butur Abu Hasan saat disensus petugas BPS Butur di rujab, kemarin.

BURANGA,  BKK– Bupati Buton Utara Abu Hasan mengatakan kebijakan pemerintah di bidang pembangunan ekonomi akan sangat ditentukan oleh hasil Sensus Ekonomi 2016 nanti. Karena itu, bupati mengimbau masyarakat yang disensus untuk memberikan data yang diminta petugas dengan sejujur-jujurnya dan selengkap-lengkapnya.
Hal tersebut disampaikan bupati usai menerima petugas sensus di kediamannya, Senin (2/5). “Saya berharap adanya kesadaran masyarakat untuk kooperatif memberikan informasi yang sejujurnya tidak perlu ada hal-hal disembunyikan. Karena ini murni untuk masyarakat sendiri baik jangka pendek maupun jangka panjang,” imbau Bupati Butur.    Dia melanjutkan, hasil sensus tersebut diharapkan memberikan gambaran yang utuh mengenai ekonomi masyarakat Butur di semua level, baik tingkat bawah, menengah maupun atas. Dengan mengetahui kondisi perekonomian masyarakat yang riil, pemerintah pun tidak akan kesulitan dalam menentukan skala prioritas untuk menggerakkan roda perekonomian.
“Semua arah kebijakan itu selalu ditentukan oleh data statistik. Jadi jangan sampai karena menyembunyikan informasi, hasil sensusnya tidak sesuai dengan kenyataan dampaknya pada kebijakan yang tidak tepat sasaran,” katanya.
Jika alokasi anggaran untuk menggerakkan ekonomi tepat, maka banyak hal yang bisa dilakukan. Salah satunya menekan tingkat kemiskinan.
“Contohnya, angka kemiskinan di Butur 15 persen (berdasarkan hasil sensus BPS). Pemerintah selanjutnya akan memikirkan bagaimana kemiskinan itu bisa diturunkan. Untuk menurunkan itu, sektor mana yang harus didorong melalui dana APBD, itu yang kita cari. Dan bisa kita temukan dari data statistik,” urainya.
Abu Hasan mengakui ekonomi Butur selama ini masih digerakkan oleh pertanian. Karena itu, kebijakan pemerintah akan banyak mendukung pembangunan pertanian. Sebab jika pertanian maju, maka akan banyak menyerap tenaga kerja. Semakin banyak yang bekerja, pengangguran ditekan dan dengan sendirinya tingkat kemiskinan akan turun.
Dihadapan Kepala BPS Butur, Burhanuddin, Bupati menyatakan siap mendukung penuh
. Dia mengharapkan agar sinergitas bisa terbangun dengan baik antara BPS dan Pemkab.
“BPS Butur ini selalu merilis angka-angka statistik berkaitan dengan kemiskinan dan kita butuh sekali angka-angka itu, karena setiap saat pemerintah provinsi minta presentase dalam perbandingan,” ujar pria berkacamata ini.
Pada kesempatan itu, Bupati menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh petugas BPS Butur. (k5/c/aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top