SMPN 5 Kendari Harap Prestasi Sekolah Jujur Terulang – Berita Kota Kendari
Pendidikan

SMPN 5 Kendari Harap Prestasi Sekolah Jujur Terulang

SMPN 5 KendariKENDARI, BKK – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 5 Kendari merupakan salah satu sekolah di Kendari yang berhasil menerima piagam penghargaan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia sebagai salah satu sekolah dengan Indeks Integritas Penyelenggaraan Ujian Nasional (IIUN) yang tertinggi pada tahun 2015 dengan IIUN 83,33.
Kepala Sekolah (Kepsek) SMPN 5 Kendari Mansur Mokuni SPd MPd mengatakan, penghargaan tersebut bisa diraih karena dalam pelaksanaan UN tahun lalu diberi predikat baik dan jujur.
Sejak awal, kata dia, sekolah sudah mengingatkan kepada pelajarnya untuk tidak menyontek, minta jawaban dari temannya maupun keluarganya melalui handphone (Hp).
“Untuk pengawas sendiri, nanti kita akan lakukan pertemuan walaupun mereka sudah dibekali di sekolahnya masing-masing. Kita ingin pertegas selaku penyelenggara UN agar ujian bisa berlangsung sesuai dengan POS UN yang ada,” ungkap Mansur Mokuni SPd MPd di ruang kerjanya, Sabtu (30/4).
Jika ditemukan ada peserta ujian maupun pengawas yang membawa Hp di dalam ruang kelas, ujian maka pihaknya akan berikan teguran secara lisan, bahkan jika pada hari berikutnya masih dilanggarnya maka akan diganti dengan pengawas yang lain.
“Termasuk juga, pengawas tidak boleh berkeliaran di ruang ujian yang lain. Karena, akan mengganggu pelaksanaan UN juga akan mengganggu konsentrasi peserta ujian,” ujarnya.
Mansur mengaku, razia terhadap siswa yang membawa Hp, diserahkan kepada pihak pengawas di ruangan masing-masing. Sebab, semua pengawas sudah dibekali.
“Sebab, kalau kita melakukan razia berarti kita mengambil alih tugas dan kewenangan pengawas,” pungkasnya.
Ia menuturkan, selalu mengimbau kepada pelajarnya untuk mempertahankan prestasi kakak kelasnya sebelumnya. Untuk mempertahankan piagam yang telah diraih itu, harus menyelenggarakan ujian dengan baik dan jujur.
“Saya berharap agar nilai integritas yang dicapai dalam pelaksanaan ujian tertinggi dengan indeks integritas 83,33 bisa mengalami kenaikan dalam pelaksanaan ujian kali ini,” harapnya. (m3/c/pas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top