Mahasiswa FHIL UHO Dilatih Menulis Opini Kritis – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Mahasiswa FHIL UHO Dilatih Menulis Opini Kritis

Nara Sumber Jumwal Shaleh (berbaju kuning tengah) berfoto bersama usai memberikan materinya

Nara Sumber Jumwal Shaleh (berbaju kuning tengah) berfoto bersama usai memberikan materinya

KENDARI, BKK – Sekitar 50 mahasiswa Fakultas Kehutanan dan Ilmu Lingkungan (FHIL) Univeritas Halu Oleo (UHO) Kendari mengikuti materi pelatihan menulis opini kritis yang dibawakan jurnalis senior Harian Berita Kota Kendari (BKK), Jumwal Shaleh, berlangsung di ruang laboratorium GIS Kampus Kemaraya Kendari, Sabtu (30/4).

Jumwal Shaleh yang biasa disapa Alex menjelaskan, mahasiswa sebagai kaum intelektual muda penting belajar menulis opini kritis agar bisa mengaktualisasikan pikiran-pikiran kritisnya melalui media massa sehingga publik mengetahuinya.

“Banyak mahasiswa yang pandai berorasi namun tidak mampu dia tuang dalam suatu tulisan. Atau ada juga mahasiswa yang sebenarnya punya bakat atau pikiran yang cerdas namun belum disalurkan dalam bentuk tulisan. Sehingga melalui pelatihan ini kita berlatih bersama dalam menulis,” kata Alex.

Dalam memaparkan materinya, dia menguraikan, menjadi penulis memiliki banyak manfaat diantaranya, dapat menyalurkan aspirasi atau pikiran, bisa berbagi pengetahuan, dapat dikenal orang (populer), dan juga bisa menghasilkan uang karena dari hasil menulis bisa menghasilkan honor.

Mantan Ketua AJI Kendari ini mengatakan, kata kunci dari tulisan opini yang kritis yakni ide atau topik tulisan yang aktual dan menyangkut kehidupan orang banyak. Lalu, tambahnya, didukung data, fakta dan argumen yang kuat, serta ditopang landasan hukum.

“Yang patut diperhatikan juga bahwa kritis tidak berarti memaki-maki orang dan dalam menulis mengindari yang bisa menyinggung SARA,” katanya.

Jumwal juga memberikan materi kepada peserta tentang tahapan berlatih menulis mulai dari persiapan, menulis hingga disampaikan kepada redaksi media massa.

“Kuncinya adalah keberanian kita bagaimana memulai menulis. Dan saat akan memulai menulis, jangan ragu mewujudkannya walaupun belum tersusun atau sistematis. Harus berani memulai menulis,” katanya.

Pelatihan berangsung dinamis dan aktif karena Jumwal memberikan materi dengan sistem pembelajaran orang dewasa.

Jumwal memberikan materi pelatihan tentang menulis opini kritis dalam suatu pelatihan bertajuk Manajemen Alam Bebas (Mabes) angkatan ke-10 yang diadakan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) FHIL UHO Kendari.

Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Kasman menjelaskan, kegiatan adalah jenjang pengkaderan tingkat 2 bagi mahasiswa FHIL, karena sebelumnya para peserta mengikuti pelatihan tingkat basic.

“Ini kami adakan tiap tahun satu angkatan. Alumninya sebagai panitia untuk pelatihan berikutnya,” katanya.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama tiga hari mulai Kamis – Sabtu (28 30/4), para peserta diberikan materi tentang keorganisasian, kepemimpinan, anaalisis isu-isu strategis, dan penulisan opini atau wacana kritis. Nara sumbernya dari dosen-dosen yang berlatarbelakang aktivis saat mahasiswa diantaranya Dr Nur Arafah MSi SP. (jie)

Click to comment
To Top