36 Calon Panwaslu Kendari Jalani Tes Tertulis – Berita Kota Kendari
Beranda

36 Calon Panwaslu Kendari Jalani Tes Tertulis

KENDARI, BKK – Sebanyak 36 orang calon anggota Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Kendari mengikuti seleksi tes tertulis, Minggu (1/5) di Hotel Zenith Kendari.

Sekretaris Tim Seleksi (Timsel) Panwaslu Kota Kendari La Ode M Nasir mengatakan, dari 38 yang lolos pada tahapan seleksi berkas, hanya 36 orang yang mengikuti rangkaian tes tertulis.

“Yang duanya, kita tidak tahu apa alasannya tidak ikut,” terang La Ode M Nasir kepada Berita Kota Kendari, Minggu (1/5).

Koresponden ANTV ini melanjutkan, ke-36 calon anggota Panwaslu Kendari ini menyelesaikan sekitar 300-an soal dengan jawaban benar dan salah. Soal tersebut, kata Nasir, dibuat langsung oleh Bawaslu RI.

“Mereka kerjakan selama 120 menit. Tadi, kita mulai pukul 09.30 sampai 11.30 Wita,” paparnya.

Setelah pelaksanaan tes tertulis ini, tambah dia, timsel bersama Bawaslu RI akan melakukan pemeriksaan hingga hari ini. Setelah itu, kata dia, hasilnya akan diplenokan lalu diumumkan di media massa.

“Kita akan nilai hasil tes mereka benar dan salah. Kita akan hitung, berapa jumlah mengisi soal yang benar dan salah. Di situ, kita akan akumulasikan. Bagi yang memiliki nilai tertinggi sampai 12, maka itu yang diluluskan. Pengumumannya, berdasarkan jadwal kami pada 4 Mei 2016,” sebutnya.

Pada pengumuman nanti, kata dia, tes tertulis hanya menghasilkan 12 orang untuk lanjut pada tes wawancara. Di tahapan ini, timsel masih memiliki kewenangan untuk menyeleksi 12 orang yang lulus itu.

“Di tes wawancara ini, kita akan seleksi lagi menjadi enam orang,” ujarnya.

Enam orang yang lolos pada tahapan wawancara, tutur Nasir, akan diserahkan ke Bawaslu Sultra untuk difit and propertest. Dari enam orang itu, kata dia, akan ditetapkan tiga orang dengan perolehan nila tertinggi.

“Untuk tiga orangnya yang masuk peringkat empat sampai enam, akan menjadi calon pengganti antarwaktu (PAW),” tuturnya.

Kemungkinan besar, tutur dia, tiga anggota Panwaslu Kota Kendari sudah ada paling lambat pertengahan bulan ini.

Selain Kota Kendari, timsel ikut menyeleksi calon anggota Panwaslu Kabupaten Buton. Untuk Buton, kata Nasir, yang ikut seleksi pada tahapan tes tertulis ini adalah 20 orang. (pas/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top