Tahun Ini, Butur Terapkan Aplikasi Pelaporan – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Tahun Ini, Butur Terapkan Aplikasi Pelaporan

ok ft h tasirBURANGA, BKK- Tahun ini, kepala desa (Kades) se Buton Utara (Butur) sudah harus menggunakan aplikasi dana desa dalam bentuk pelaporan penggunaan dana desa.

Demikian dikatakan Pelaksana Tugas Kepala Badan Pemberdayaan dan Pemerintahan Masyarakat Desa (BPPMD) Butur H Tasir ketika ditemui di kantornya, Jum’at (29/4).
Penggunaan aplikasi tersebut sesuai dengan arahan dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulawesi Tenggara (Sultra).
“Terkait bentuk administrasi laporan pengelolaan anggaran desa, para kepala desa sekarang menuju aplikasi dana desa. Aplikasi ini dari BPKP juga dan diberlakukan mulai tahun ini,” kata Tasir.
Pak Haji panggilan akrab Tasir, meyakinkan bahwa para kepala desa sudah mampu menggunakan aplikasi pelaporan secara elektronik tersebut. Sebab sebelumnya, mereka sudah mendapat pembekalan.
Selain itu, jika melihat proses administrasi pelaporan yang dibuat para kades tahun lalu, semuanya bisa diselesaikan dengan cepat dan benar. Hal itu pun membuat Anggaran Dana Desa (DD) lebih cepat turun.
“Mereka ini (Kades, red) sudah paham tentang administrasi pelaporan. Makanya Butur lebih cepat mendapatkan dana desa dari pusat di banding dengan daerah lain,” pungkasnya.
Hanya saja, dirinya menyarankan tetap membuat laporan manual atau tertulis. Selain untuk pelapis data, juga bisa dilakukan pembandingan.
Di Butur, sudah ada beberapa desa yang mengajukan pencairan dana desa. Selain itu juga, pihaknya sudah mencairkan dana bantuan keuangan dari pajak daerah untuk para tokoh agama, pada pekan ketiga April.
“Selain dana desa lebih cepat masuk di rekening daerah dan saat ini lagi proses pencairan, minggu kemarin juga kita sudah merealisasikan pembayaran honor para tokoh agama,” ungkap dia. (k5/c/aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top