Beranda

Ketua DPRD Mubar Raih Gelar MAP Dengan Cum Laude

La Ode Koso berpose bersama dengan panitia ujian. (Rul/BKK)

La Ode Koso berpose bersama dengan panitia ujian. (Rul/BKK)

KENDARI, BKK- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Muna Barat (Kab Mubar) La Ode Koso berhasil raih gelar Magister Administrasi Pembangunan (MAP) dengan status Cum Laude, yang diberikan setelah ujian akhir, Jumat (29/4) di Faklultas Ilmu Adiministrasi Program Pasca Sarjana Universitas Halu Oleo (UHO).
“La Odo Koso memang pantas untuk mendapatkan status Cum Laude, bukan karena dia Ketua DPRD tetapi lebih pada pemahaman ilmunya, dan dia mendapatkan IPK 3,84,” ujar Ketua penguji La Ode Koso, Dr Arifin Utha MSi ditemui di ruangannya, Jumat (29/4).
Dekan Fakultas Ilmu Administrasi ini juga menambahkan, satus Cum Laude yang diraih La Ode Koso telah memenuhi semua unsur penilaian. Bukan hanya pemahaman ilmu, tetapi dari segi kapabiliti dan etika juga memenuhi.
“Untuk menilai seorang pejabat, ada tiga hal dasar yang paling penting, yaitu noleds keterampilan dan perilaku. Tiga unsur ini sangat sulit dikuasai bersamaan, tetapi itu berbeda dengan La Ode Koso, sebab dia berhasil memenuhi ketiganya, sehingga memang sangat wajar mendapatkan Cum Laude,” bebernya.
Sementara itu, dikonfirmasi terkait hal ini La Ode Koso menuturkan, untuk mendapatkan gelar MAP dirinya hanya menjalani proses kuliah selama dua tahun, dengan judul tesis efektifitas pengelolaan APBD desa di Muna Barat. Ia juga berharap, teisis yang digarapnya dapat digunakan untuk pemerintahan Mubar.
“Saya sangat berharap tesis yang saya bawakan untuk meraih gelar MAP ini, dapat digunakan di daerah saya, sehingga pemerintahan disanan bisa berjalan lebih baik,” jelasnya.
Ia juga menjelaskan, dalam proses meraih gelar tersebut mesti ada aturan yang harus diikuti, yaitu tekun dan disiplin dan ini tidak berlaku hanya pada pendidikan melainkan juga pada pemerintahan.
“Orang cerdas itu banyak tapi yang sungguh-sungguh jarang, sehingga kegagalan selalu menghantui mereka,” pungkasnya. (m2/c/pas)

To Top