Curi Motor, Empat Anak di Bawah Umur Diringkus – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Curi Motor, Empat Anak di Bawah Umur Diringkus

Ilustrasi pencuri motor

Ilustrasi pencuri motor

KENDARI, BKK – Petugas Kepolisian Sektor (Polsek) Baruga Berhasil menangkap empat kawanan pelaku pencurian kendaraan bermotor (curanmor), yang kerap beraksi di Kota Kendari.
Keempat pelaku yang masih di bawah umur dan sedang duduk pada bangku sekolah di Kota Kendari ini di bekuk, Selasa (26/4).
Adalah berinisial MR (14) dan Af (14) berstatus sebagai pelajar pada salah satu sekolah menengah pertama (SMP). Sedang, Rn (17) dan Ic (16) sebagai siswa pada salah satu sekolah menengah atas (SMA).
Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Kendari Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Ilham Saparona SIK mengatakan, Selasa (26/4), tertangkapnya keempat bocah maling motor itu bermula dari laporan masyarakat yang sering kehilangan motor di wilayah hukum Polsek Baruga.
Lalu, petugas yang dipimpin langsung Kapolsek Baruga Ajun Komisaris Polisi (AKP) I Ketut Arya Wijanarka SH SIK melakukan penyelidikan. Dan, akhirnya berhasil menangkap keempatnya.
Polisi pertama kali menciduk MR di rumahnya, Jalan Anawai Kelurahan Wuawua Kecamatan Wuawua sekitar pukul 01.00 Wita. Tidak berselang lama, kembali menangkap Rn di rumah kos pacarnya, Jalan Ilmiah Kelurahan Anaiwoi Wuawua.
Hasil pengembangan lanjutan, polisi kembali mendapatkan informasi bahwa masih ada dua pelaku lagi yang terlibat, sehingga petugas mendatangi rumah Ic, di Jalan Haeba Wuawua.  Disana, Ic berhasil diringkus bersama dengan Af.
Selain berhasil menangkap empat pelaku, beber Ilham, petugas juga turut mengamankan empat unit motor hasil curian. Di anataranya, Honda Beat pink di ubah yang telah di ubah warnanya menjadi merah, dengan nomor mesin: CF51E2375818 dan nomor rangka MH1JF5127BK418847.
Kemudian, Honda Beat merah sudah ganti warna menjadi hitam dengan nomor mesin: JFD2E2269364 dan nomor rangka: MH1JFD224DK297609, Yamah Jupiter z putih merah nomor mesin: MH31070087J326093 dan nomor rangka: 1D4-326132, serta Honda Beat putih nomor mesin: JF51E1320477 dan nomor rangka: MH1JF5118AK317113.
Dari pengakuan mereka, empat barang bukti motor tersebut dicuri pada eampat tempat kejadian perkara (TKP) berbeda, yakni Jalan Mekara Jaya SMPN 17 Kendari, Jalan A Yani Lorong Ilmiah, Jalan Mekar dekat Gereja Tongkonan, dan TKP Jalan A Yani depan KONI.
“Keempat pelaku dan barang bukti motor telah diamankan di Mapolsek baruga guna proses lebih lanjut,” tandas Ilham.
Lebih lanjut perwira polisi dengan dua melati di pundak ini mengatakan, keempatnya dijerat Pasal 363 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman pidana paling lama tujuh tahun penjara. (kas)

Click to comment
To Top