Butur Tampilkan Beras Kambowa di HUT Sultra – Berita Kota Kendari
Beranda

Butur Tampilkan Beras Kambowa di HUT Sultra

KOLAKA, BKK – Beras Kambowa, satu dari banyak potensi kekayaan alam tanah subur Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra), dipamerkan di stan Butur dalam rangkaian acara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-52 Sultra, di Kabupaten Kolaka yang di helat Sabtu-Rabu (23-27/2016)

Beras berkadar gula rendah dan mempunyai aroma harum itu berhasil membuat Gubernur Sultra Nur Alam kepincut saat berkunjung di stan Butur. Secara terbuka, Nur Alam yang didampingi Bupati Butur Abu Hasan memberikan apresiasi terhadap keseriusan kepada pemerintah daerah (Pemda) Butur yang fokus mendukung program peningkatan produksi dan nilai tambah bagi pelaku usaha di bidang pertanian, pengembangan di bidang perikanan dan peternakan.
“Ini pak gubernur, beras andalan Butur, istilahnya beras merah Wakawondu atau beras Kambowa. Beras ini aromanya harum, sesuai dengan bahasanya, Wakawondu itu bahasa Ereke kalau dalam bahasa Indonesianya beras harum. Selain harum, beras ini cocok dikonsumsi bagi penderita penyakit gula karena kadar gulanya rendah,” promosi Abu Hasan kepada Nur Alam yang memegang bungkusan olahan beras itu sambil tersenyum.
Selain beras Kambowa, stan Butur juga dipenuhi dengan hasil perikanan, yakni, Lobster dan Kepiting Bakau. Bukan hanya itu, Forum Anak Daerah Butur menampilkan buah tangan dari mereka seperti pernak-pernik perhiasan dari kain-kain perca atau kain bekas menjadi bros, kulit jagung diolah menjadi bunga, bahan baku batu alam di ronceng menjadi kalung.
Disamping itu pula, ditampilkan Batu Akik, juga salah satu andalan Butur yang cukup terkenal. Batu ini sudah beberapa kali memenangkan lomba di berbagai daerah. Bukan hanya keindahanya tapi tingkat kekerasanya pun tinggi. (k5/d/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top