Awal 2017, Pemda Konkep Terbitkan KIA – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Awal 2017, Pemda Konkep Terbitkan KIA

LANGARA, BKK – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Konkep akan melayani penerbitan Kartu Identitas Anak (KIA) di awal tahun 2017 mendatang.
Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Konkep, Wasma Agus SE, di ruang kerjanya belum lama ini. Tahun 2017 mendatang, lanjut Wisma Agus, setiap anak wajib memiliki kartu identitas layaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi orang dewas.
“Awal tahun 2017 sudah ada pelayanan pembuatan KIA, dan sebelumnya kami (Disdukcapil Konkep) akan mensosialisasikan ke masyarakat terkait pembuatan KIA dan syarat-syaratnya seperti apa,” katanya.
Saat ini, kata Wisma, khusunya di Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), daerah yang sudah menerbitkan KIA tersebut baru Kabupaten Konawe, lain daripada itu Kabupaten lain termasuk Konkep baru akan menerbitkan di awal 2017 secara serentak.
“Kalau saya tidak salah di Sultra baru Konawe yang sudah menerbitkan (KIA), kabupaten lain termasuk Konkep baru akan menerbitkan awal tahun depan (2017),” ungkapnya.
Pembuatan KIA tersebut diwajibkan bagi anak berumur 17 tahun ke bawah atau anak yang belum wajib KTP dengan syarat harus membawa Kartu Keluarga (KK) dan Akta Kelahiran anak saat pendaftaran.
“Anak umur 17 tahun, harus memiliki KIA sebagai pengganti KTP bagi anak yang belum wajib KTP, syaratnya harus membawa Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran anak,” tambah Wisma. (k4/c/jie)

To Top