Pendaftaran Pilkada Mubar Dimulai September – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Pendaftaran Pilkada Mubar Dimulai September

Awaluddin UsaLAWORO, BKK – Pendaftaran calon untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Muna Barat (Mubar) dibuka pada 19 September nanti, selama tiga hari, dan ditutup pada 21 September.

Begitu Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indonesia (RI) Nomor 3 Tahun 2016 tentang Program dan Jadwal Tahapan Pemilihan Gubernur dan Pemilihan Bupati yang diterima KPU Mubar, sebagaimana diungkapkan Ketua Koordinator Divisi Teknis Pemilu Awaludin Usa, Rabu (20/4), saat ditemui di ruang kerjanya.

Selain itu, papar dia, PKPU juga mengatur Penandatanganan Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang harus dilakukan pada 22 Mei nanti.

Kemudian, ia melanjutkan, anggaran Pilkada sudah mesti dicairkan pada Juni, sejalan dengan  pembentukan badan ad-hoc atau pembentukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

Anggaran pilkada yang diajukan KPU Mubar sebesar Rp 22,5 miliar.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan, dan Aset Daerah (DPKAD), Zakaruddin Saga, beberapa waktu lalu mengatakan, persetujuan pemerintah kabupaten (Pemkab) masih menunggu surat keputusan bersama (SKB) menteri, yaitu, menteri keuangan (menkeu), menteri dalam negeri (mendagri), dan KPU RI, serta badan pengawas pemilihan umum (bawaslu) yang mengatur soal standar harga.

Pihaknya, kata dia, sudah menyiapkan anggaran Rp 12 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016.

Dikonfirmasi soal SKB, kemarin, Ketua KPU Mubar Almunardin atau lebih dikenal dengan sebutan La Power mengatakan, sejauh ini SKB belum terbit.

“Belum. Mungkin dalam minggu ini,” katanya. (iis/jie)

To Top