Orang Kabupaten Berpeluang Jadi Pejabat di Pemprov – Berita Kota Kendari
Beranda

Orang Kabupaten Berpeluang Jadi Pejabat di Pemprov

Berkait Lelang Jabatan di Pemrov Sultra

KENDARI, BKK – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam mengisyaratkan bahwa pejabat kabupaten yang mengikuti lelang jabatan berpeluang menduduki posisi kepala biro dan kepala dinas di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

Ditemui di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sultra, Rabu (20/4), Nur Alam mengaku baru saja menggelar lelang jabatan untuk Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penelitian dan Pengembangan (Litbang), Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra), dan Biro Ekonomi dan Sumber Daya Alam (SDA).

Saat ini, ada 28 orang yang berebut empat jabatan tersebut. Dari 28 orang itu, ada beberapa orang yang berasal dari pejabat di kabupaten atau kota.

“Ada peluang bagi daerah. Soal siapa, itu urusan saya nanti,” katanya.

Hingga saat ini, kata dia, belum menerima usulan dari panitia seleksi (pansel) lelang. Namun, kata dia, pansel akan merangking masing-masing SKPD yang kosong diusulkan tiga orang untuk ditentukan satu nama oleh Gubernur Sultra.

“Finalisnya nanti ada tiga. Sekarang sedang berproses. Saya berlum terima usulan,” katanya.

Sebagai Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK), lanjut Nur Alam, kriteria untuk menentukan satu calon kepala SKPD itu adalah memperhatikan indikator dari kependudukan tugas dan syarat kompetensi serta kapasitasnya.

“Di situ akan dilihat seperti apa syaratnya. Tapi, itu semua tergantung saya. Itu tidak bisa didemo. Kalau tidak mau terima, jadi gubernur saja,” ujarnya.

Sebelumnya, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra Lukman Abunawas mengatakan, pihaknya barus saja melelang jabatan empat SKDP.

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN-RB) Nomor 13 Tahun 2015, jabatan setingkat eselon II harus dilelang.

Meski begitu, proses lelang yang sudah berlangsung bukan menjadi ukuran utama. Aspek politis dari Gubernur Sultra Nur Alam akan lebih dominan sebagai penentu diangkatnya kepala SKPD tertentu.

“Ada 28 calon yang akan isi empat SKPD ini. Rata-rata, nilai mereka bagus. Golongannya sudah memenuhi di atas 4B. Selain itu, pengalaman kerjanya bagus dan telah pindah-pindah di beberapa SKPD,” beber Lukman Abunawas, Senin (4/4).

Ia melanjutkan, setelah rangkaian proses lelang itu selesai, panitia akan mengerucutkan tiga nama yang dianggap memenuhi syarat berdasarkan rangkingnya. Tiga nama itu, lanjut Lukman, dalam minggu ini akan diserahkan ke Nur Alam untuk dinilai.

“Sekarang, tinggal aspek politis dari Gubernur. Masing-masing tiga, akan kita ajukan ke gubernur,” paparnya.

Dalam penilaian gubernur nanti, lanjut dia, tidak harus berdasarkan urutan nilai dari calon pejabat. Bisa saja, kata Lukman, Nur Alam menunjuk orang yang diinginkan secara pribadi.

“Penilaiannya tidak berdasarkan urutan (nilai pada saat lelang, red). Bisa saja, gubernur pilih nomor urut dua atau tiga. Yang penting, tergantung gubernur. Urutan itu tidak mutlak,” jelas mantan Bupati Konawe ini. (pas/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top