Gunung Abari Sering Terjadi Longsor Picu Lakalantas – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Gunung Abari Sering Terjadi Longsor Picu Lakalantas

Kasat lantas Polres Konsel, AKP.I.B. SudirgaANDDOLO, BKK – Jalan yang sedang dalam perluasan di Gunung Abari, Desa Anduna, Kecamatan Laeya, Konawe Selatan (Konsel), sering mengalami longsor.

Itu akibat struktur tanah tidak padat, ditambah tidak adanya pepohonan yang menahan beban tanah, sehingga banyak menyebabkan kecelakaan lalulintas.

Hal itu diungkap Kasat Lantas Polres Konsel, AKP I B Sudirga saat ditemui di ruangannya, Rabu(20/4). Atas kondisi itu, pihaknya terpaksa turun tangan membersihkan ruas jalan tersebut demi kepentingan para pengedara.

Kendati demikian, kata dia, pihak Polres Konsel telah bersurat ke Dinas Pekerjaan Umum (PU), Dinas Perhubungan setempat, bahkan ke PLN Rayon Konsel untuk turut mengambil tindakan membenahi ruas jalan.

“Pemerintah tidak jeli dan tidak membuat satuan gerak cepat dalam mengurus jalan itu. Kalau bukan Satlantas yang bergerak maka itu bisa terjadi macet dan bisa saja terjadi kecelakaan lagi,” katanya.

Dijelaskan, di wilayah pegunungan Abari sudah terjadi empat kali kecelakaan sepanjang 2016, itu diakibatkan tanah longsor di ruas jalan raya.

Dikonfirmasi mengenai hal ini, Kepala Dinas PU Konsel, Saala, malah melimpahkan tanggung jawab ke PU Provinsi Sultra karena jalan tersebut berstatus jalan provinsi.

“Kami hanya memotret untuk dokumentasi dan selanjutnya kami laporkan ke provinsi untuk dilakukan peninjauan karena itu menganggu transportasi Kendari-Konsel,” ucapnya. (k8/c/jie)

To Top