Suksesi

Tidak Membuat Laporan Keuangan, Cakades Incumbent Digugurkan

TIRAWUTA, BKK – Peringatan bagi calon kepala desa (Cakades) incumbent yang akan maju kembali. Jika tidak membuat laporan keuangan akan digugurkan dari pencalonannya.

“Berdasarkan sosialisasi ke masyarakat terkait Rancanangan Peraturan Daerah (Raperda) pemilihan kepala desa, masyarakat meminta supaya incumbent terlebih dahulu membuat laporan keuangan desa,” kata Kepala Bagian (Kabag) Hubungan Masyarakat (Humas) dan Persidangan Sekretariat DPRD koltim, Wasirudin, Jumat (15/4).

Diungkapkannya, saat sosialisasi di kecamatan Uluiwoi dan Uesi, muncul kesepakatan bersama antara masyarakat dan anggota DPRD untuk menambahkan pasal dalam Raperda pemilihan kepala desa, yakni apabila Kades yang mengakhiri masa jabatannya tidak membuat laporan keuangan desa dan laporan aset desa, dianggap gugur dan atau tidak dapat diterima sebagai calon kades berikutnya.

Laporan pertanggungjawaban keuangan dan aset desa diserahkan kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD), atau disampaikan kepada bupati melalui camat setempat.

Selain itu disepakati membuat panitia pengawas pemilihan calon kades. Tugasnya untuk mengawasi terjadinya kecurangan dalam pilkades, berupa. Penambahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang kemungkinan di infor dari desa lain, juga terjadinya manipulasi perhitungan suara oleh panitia pemilihan desa.

“Pengawas juga mengawasi terjadinya suap kepada wajib pilih atau panitia pemilihan. Jika ditemukan dilaporkan ke pihak berwajib, bupati atau DPRD untuk diproses lebih lanjut secara hukum,” kata Wasirudin. (k3/c/jie)

To Top