Sedikit Lagi, Asrun Pimpin PAN Sultra – Berita Kota Kendari
Suksesi

Sedikit Lagi, Asrun Pimpin PAN Sultra

asrun

DPP Lebih Condong ke Asrun

KENDARI, BKK – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) Djainal mengaku, sedikit lagi Asrun dipilih sebagai Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulawesi Tenggara (Sultra).

Ditemui di Kendari, Minggu (17/4), Djainal mengaku, DPP akan mempertimbangkan beberapa hal dalam menentukan siapa pelanjut Nur Alam selanjutnya di partai. Menurut dia, Nur Alam sudah tidak ingin lagi memimpin PAN.

“Beliau ingin ada kaderisasi di PAN,” kata Djainal.

Djainal mengaku, pernyataan dari Nur Alam ini diperoleh dari Ketua DPP PAN Zulkifli Hasan saat dihubungi beberapa waktu lalu. Menurutnya, Nur Alam menginginkan satu dari empat anggota formatur lainnya sebagai pelanjutnya di partai matahari terbit.

“Saya ditelepon di pusat, bahwa Nur Alam bertemu pak Zul selesai umrah. Yah sudahlah kalau begitu (tidak mau maju DPW PAN Sultra, red),” jelasnya.

Informasi yang didapatkan dari DPP, lanjut dia, DPP lebih condong memilih Asrun sebagai Ketua DPW PAN Sultra. Sebab, tinggal Asrun yang merupakan kader potensial untuk maju Pemilihan Gubernur Sultra.

“(Lebih condong ke Asrun, red) karena ingin menguasai jabatan politik. Berpartai itu untuk merebut jabatan politik seperti gubernur,” tekannya.

Menurut dia, menjadi ketua partai bukan untuk gagah-gagahan saja. Bisa dibayangkan, kata dia, partai sekaliber PAN tidak mengusung kader di Pilgub dengan cara mematikan kader potensial di perebutan partai.

“Sekarang, kalau bukan Asrun, siapa yang akan ditunjuk sebagai cagub?” katanya.

Untuk itu, kata dia, DPP PAN sudah pasti mempertimbangkan matang-matang kebesaran partai ini. DPP, kata dia,  memiliki penilaian khusus terhadap kadernya. Terlebih, kata Djainal, Asrun pernah buang kata-kata bahwa tidak akan maju di Pilgub Sultra bila PAN tidak ada di tangannya.

“Tidak mungkin DPP mengabaikan kader potensialnya. Memang, itu hanya membuang kata-kata saja,” bebernya menjawab pertanyaan wartawan soal ancaman Asrun.

Djainal melanjutkan, dirinya intens menghubungi Sekjen DPP PAN Edy Soeparno terkait hal ini. Namun, kata dia, Edy belum menjelaskan siapa yang terpilih. Namun, lanjut Djainal, prediksinya tidak akan lari bahwa Asrun yang dipilih.

“Saya yakin, 51 persen. Kalau untuk orang lain 99 persen. Kalau 51 persen ini, kecuali ada keajaiban tuhan yang mengubahnya (Asrun terpilih dari Ketua DPW PAN Sultra, red),” pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Djainal sempat mengonfirmasi Edy melalui telepon selulernya. Djainal menyampaikan perkembangan PAN Sultra saat ini. Ia menyampaikan tentang klarifikasi berita sebelumnya tentang klaim pengurus PAN Konawe bahwa Kery Syaiful Konggoasa terpilih sebagai Ketua DPW PAN Sultra.

“Dinda, saya sudah sampaikan ini bahwa belum ada keputusan di Muswil PAN. Saya coba luruskan ini,” terang Djainal kepada Edy.

“Iya bang, terimakasih,” tutur Edy melalui selulernya. (pas)

To Top