Pemkot Akan Terapkan Pembayaran Pajak Online – Berita Kota Kendari
Beranda

Pemkot Akan Terapkan Pembayaran Pajak Online

KENDARI, BKK- Mendukung kebijakan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari terhadap program pembayaran pajak melalui SMS Gateway, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari buka terobosan pembayaran pajak secara online.

Hal tersebut sesuai hasil kunjungan komisi II ke Dinas Pendapatan (Dispenda) Kota Palembang beberapa waktu lalu, yang rencananya akan dikonsultasikan dengan Dishub Kota Kendari untuk penerapannya.
“Pembayaran pajak secara online merupakan terobosan baru sebagai tindak lanjut dari kebijakan pembayaran pajak menggunakan metode SMS Gateway,” ujar Ketua Komisi II, Subhan ST melalui selulernya, Minggu (17/4).
Politikus PKS ini memaparkan, ada beberapa keunggulan pembayaran pajak secara online. Diantaranya, masyarakat atau pembayar pajak tidak perlu lagi repot harus ke Dispenda untuk melakukan pemabayaran pajak sehingga dapat menghemat biaya, akses untuk melakukan pembayaran menjadi lebih mudah dan Kota Kendari tidak ketinggalan dalam memanfaatkan perkembangan teknologi.
“Kalau kita hitung-hitung, cara ini lebih memudahkan kita dalam memenuhi kewajiban karena manfaatnya banyak dan tidak repot,” paparnya.
Anggota Komisi II Samsudin Rahim juga menambahkan, hasil kunjungan ini masih perlu dikonsultasikan dulu, sebab yang berwenang menerapkan cara ini adalah Dispenda, DPRD hanya memberikan solusi untuk peningkatan pencapaian.
“Kita ketahui bersama, kalau hasil PAD kita dari pajak itu belum optimal, maka langkah untuk mengoptimalkan itu sangat perlu, dan ini yang akan kita tawarkan ke Dispenda,” tambahnya.
Menanggapi hal ini, Kepala Dispenda Kota Kendari, Nahwa Umar mengatakan, pihaknya sangat berterimah kasih atas peran DPRD, namun hal itu mesti dipelajarai terlebih dahulu sebelum diterapkan.
“Kita akan pertimbangkan dulu metodenya seperti apa, kalau memang perlu pasti kita akan terapkan,” pungkasnya. (m2/c/jie)

Click to comment
To Top