KNPI Bukan Wadah Cari Proyek – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

KNPI Bukan Wadah Cari Proyek

*150 Pengurus KNPI Butur Resmi Dilantik

BURANGA, BKK – Sebanyak 150 pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Buton Utara (Butur) periode 2016-2019 resmi dilantik, Sabtu (16/4), di aula kantor Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) setempat.

Dengan mengangkat tema “Membangun Daerah untuk Mewujudkan Masyarakat Aman Berbudaya dan Religius” pelantikan sebanyak 150 pengurus tersebut dilakukan Wakil ketua DPD KNPI Sultra Salam Loga disaksikan Bupati Butur Abu Hasan.

Dalam sambutannya, Abu Hasan berpesan agar para pengurus yang dilantik betul-betul memanfaatkan organisasi KNPI sebagai wadah untuk menggembleng diri sebagai modal regenerasi kepemimpinan kedepannya.

Selain itu, dirinya juga mengharapkan agar KNPI memberikan dukungan penuh terhadap program-progam pemerintah daerah (Pemda).

“Tidak salah berhimpun di KNPI, karena KNPI merupakan organisasi besar. Saat ini organisasi OKP sudah sangat banyak, kalau tiap organisasi membuat satu program, maka banyak program yang diselesaikan. Begitu juga dengan KNPI tidak perlu banyak-banyak program,  cukup satu tapi bisa diselesaikan dan memberi kontribusi penuh terhadap masyarakat,” katanya.

Menjadi pengurus KNPI, sambung pria berkacamata ini, harus tidak mudah kecewa, tidak mudah sakit hati, tidak mudah putus asa, karena tidak ada proyek di organisasi .

“Jangan sampai berpikir saya sudah jadi pengurus KNPI bisa minta proyek, itu tidak boleh. Sekali lagi ini adalah wadah pengabdian untuk menggembleng kita punya diri agar menjadi pribadi yang kokoh sebagai persiapan regenerasi kepemimpinan kedepannya,” harapnya.

Sementara itu, Salam Loga menegaskan agar KNPI Butur membuat program yang dapat memberikan manfaat penuh bagi pembangunan daerah. Oleh karena itu, dibutuhkan sinergisitas antar pemuda dan pemerintah demi kemajuan Butur.

“Karena jujur saja, gagalnya pemerintahan sekarang ini hingga sampai lima tahun kedepan, merupakan juga kegagalan para pemuda dalam membangun daerah. Makanya itu, saya harapkan para pengurus KNPI yang baru saja dilantik dapat bersama-sama mengawal pemerintah menuju ke arah yang lebih baik lagi,” tegasnya.

Pada kesempatan itu pula, Salam Loga menyampaikan apresiasi kepada pengurus KNPI Butur periode sebelumnya. Sebab, dibawah kepemimpinan Muliadin Salenda, organisasi yang mewadahi para pemuda tersebut dianggap cukup berhasil dan aktif dalam perwujudan program-programnya.

Ketua KNPI Butur terpilih, Rahman, bertekad akan membangun KNPI  agar bisa bersinergi dan selalu berinteraksi dengan pemerintah setempat. ” Pengurus KNPI Butur tentunya dapat meningkatkan sinergisitas  kerjasama dengan Pemda sebagai mitra bagi masyarakat khususnya pemuda demi terwujudnya Butur yang aman, berbudaya dan religius,” ujarnya.

Sekedar informasi, pelantikan KNPI Butur ini seyogyanya akan dilakukan langsung ketua KNPI Sultra Hidayatullah. Namun, karena ada agenda lainnya, maka Hidayatullah memberikan mandat kepada Salam Loga untuk melantik pengurus KNPI Butur.

Sebelumnya, pelantikan kali ini  juga cukup meriah dengan menampilkan Tari Zapin Kepulauan dari putra putri KNPI Butur. Setelah itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Butur Abu Hasan sebanyak 9 kali sebagai tanda dimulainya acara pelantikan. Acara pelantikan tersebut dihadiri  Kapolsek Kulisusu Kompol Rahman Dundu, Koramil Kulisusu Mayor Inf. Prasetya, beberapa pimpinan SKPD, dan  sejumlah tokoh politik, agama, budaya, dan tokoh perempuan. (k5/b/jie)

To Top