IPI : Dukungan Nur Alam Ikut Menentukan – Berita Kota Kendari
Headline

IPI : Dukungan Nur Alam Ikut Menentukan

KENDARI, BKK– PT Indeks Politica Indonesia ( PT IPI) menilai Pemilihan Gubernur Sulawesi Tenggara 2018 nanti masih didominasi oleh dua faktor, Faktor pertama geopolitik, faktor kedua siapa yang mendapat dukungan dari Nur Alam.

Direktur Eksektif PT IPI Suwadi Idris Amir berpendapat, kedua faktor tersebut masih menentukan pemenangan Pilkada Gubernur berikutnya. Untuk geopolitik, jelasnya, pengaruhnya masih sangat besar.
Berdasarkan hasil kajian IPI di Sultra, secara geopolitik, jumlah masyarakat daratan yang dikuasai suku asli dan pendatang, khususnya Bugis-Makassar, lebih besar dari masyarakat kepulauan. Hanya saja, sesama masyarakat daratan cenderung bersaing antara suku asli daratan dan Bugis-Makassar
“Selama ini konstalasi selalu dimenangkan suku asli daratan. Tapi itu sangat dipengaruhi penyatuan kekuatan dengan masyarakat kepulauan,” kata Suwadi yang sudah beberapa kali mengantarkan kliennya memenangkan Pilkada ini.
Menurut pengamatannya, pertarungan akan terbagi secara geopolitik, dalam artian akan ada perwakilan Bugis-Makassar. Calon Gubernur Sultra yang masuk di sini adalah Rusda Mahmud (Bupati Kolaka Utara), Ir Hugua (Bupati Kepulauan Wakatobi), dan Dr Asrun (Walikota Kendari).
“Rusda Mahmud, Ir Hugua, dan Dr Asrun bisa bertarung secara sengit jika tak diganggu calon gubernur ke empat. Tapi itu belum ada jaminan sebab Lukman Abunawas (Sekprov Sultra) juga serius ingin bertarung di posisi calon gubernur. Artinya Asrun sedikit terganggu dengan kehadiran Lukman Abunawas untuk memperebutkan dukungan masyarakat daratan asli,” katanya.
Faktor kedua yang cukup menentukan adalah arah dukungan Nur Alam, Gubernur Sultra. Pasalnya, pengaruh Nur Alam masih dinilai kuat dan masih cukup berpengaruh pada kontestasi Pilgub Sultra 2018 nanti. Menurut Suwadi, ada tiga figur yang berpeluang mendapatkan dukungan Nur Alam, yaitu Lukman Abunawas, Dr Asrun, dan Tina Nur Alam, istri Nur Alam sendiri.
“Tapi politik itu dinamis, tentu persolan geopolitik tidak selamanya menjadi faktor besar dan juga dukungan Nur Alam bisa berpengaruh atau tidak. Yang paling menentukan itu kerja-kerja politik masing-masing calon gubernur dan tim sukses beserta konsultan politiknya,” tandasnya. (aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top