Umar Samiun : Kepton Pasti Jadi Provinsi – Berita Kota Kendari
Suksesi

Umar Samiun : Kepton Pasti Jadi Provinsi

KENDARI, BKK – Bupati Buton Umar Samiun optimis bahwa Kepulauan Buton (Kepton) akan menjadi provinsi dalam waktu dekat ini. Pasalnya, Kepton masuk dalam desain utama pemekaran seluruh Indonesia.

Nantinya, kata dia, di Indonesia akan berdiri 45 provinsi. Salah satu jatah yang didapat oleh Sultra adalah Provinsi Kepton.
“Saya optimis, Kepton bisa mekar,” terang Umar Samiun yang juga deklarator pemekaran Provinsi Kepton saat    ditemui di Kendari, Minggu (10/4).
Apalagi, satu dari lima Daerah Otonomi Baru yang diperjuangkan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI adalah Kepton. Dia pun yakin tak lama lagi bagian tenggara akan punya dua provinsi, yakni Provinsi Sultra dan Provinsi Kepton.
“Sekarang kita masih 34 provinsi. Nantinya, akan ada 45 provinsi, Kepton masuk di salah satunya itu. Sulsel (Sulawesi Selatan) punya jatah tiga, nanti tambahannya Provinsi Luwuk Raya,” bebernya.
Dia mengingatkan, jika Indonesia telah memiliki 45 provinsi, maka tidak akan ada lagi pembahasan mengenai pemakaran provinsi. “Tidak ada lagi pemekaran provinsi baru selain Kepton. Problemnya adalah bila sudah berdiri 45 provinsi ini, maka Undang-Undang Pemekaran akan dicabut,” sambungnya.
Selain itu, alasan lain yang memperkuat Umar adalah isu moratorium yang bergulir tapi tidak terbukti. Bila ada moratorium, lanjut dia, berarti melawan Undang-Undang tentang pemekaran.
“Sekarang masih ada Undang-Undangnya. Belum dicabut juga,” jelasnya.
Saat ini, tutur dia, seluruh berkas pemekaran Kepton sudah lengkap sehingga tidak ada lagi kendala. Yang tersisa hanya keputusan dari pusat.
Sebelumnya, tutur Umar, telah ada deklarasi pemekaran Provinsi Kepton di HUT Sultra di Kolaka Timur (Koltim). Selanjutnya, kata dia, akan dilaksanakan deklarasi penyerahan cakupan wilayah Kepton pada HUT Sultra di Kolaka. (r1/c/aha)

Click to comment
To Top