Tarif Angkot di Kendari Turun 3% – Berita Kota Kendari
Beranda

Tarif Angkot di Kendari Turun 3%

Umum Rp 4.000, Pelajar Rp 3.500
KENDARI, BKK – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari telah menurunkan tarif angkutan kota (angkot) sebesar tiga persen dari tarif sebelumnya. Untuk anak sekolah tarifnya Rp 3.000 dan umum Rp 4.000.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Kendari Sjarif Sajang mengaku, penurunan tarif ini berdasarkan perintah Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menyusul adanya penurunan harga bahan bakar minyak (BBM).

Menurut Sjarif, kisaran penurunan tarif angkot tersebut berdasarkan Surat Keputusan (SK) Wali Kota Kendari Nomor 1542 Tahun 2015 pada 28 September 2015.

“Itu sudah diputuskan sejak 2015 kemarin. Penegasannya ada di Kepala Bidang Darat,” terang Sjarif Sajang dikonfirmasi melalui telepon selulernya, Minggu (10/4).

Dalam putusan, sebut dia, kenaikkan dan penurunan tarif sudah ditentukan berdasarkan kondisi harga bahan bakar minyak. Bila terjadi perununan harga minyak sekitar Rp 500, maka diikuti penurunan tarif angkot. Begitu pula sebaliknya.

“SK ini sudah disepakati sebelumnya oleh seluruh organda, sopir angkot dan masyarakat,” paparnya.

Ia melanjutkan, SK Wali Kota Kendari ini berlaku sejak ditetapkan hingga ada revisi selanjutnya. Untuk itu, kata dia, aturan ini ditetapkan sekaligus pada tahun lalu, tinggal disesuaikan dengan harga BBM.

“Tidak mungkin kita rapat terus. Kita tetapkan saja, berdasarkan perhitungan yang ada. Kalau BBM naik, kita naikkan lagi tergantung berapa kenaikkannya. Kalau turun, kita turunkan juga tergantung jumlah penurunannya,’ bebernya.

Untuk itu, harap dia, kepada seluruh pemilik angkot untuk patuh pada aturan yang telah disepakati ini. Apa bila memungut tarif di luar ketentuan, maka itu telah melanggara aturan.

“Sebenarnya, para sopir dan PO ini sudah tahu aturan itu. Hanya saja, enggan melaksanakannya. Kita harap, semua patuh dengan aturan itu,” tuturnya. (r1/c/jie)

Click to comment
To Top