KPU Kota Kendari Siap Laksanakan NPHD – Berita Kota Kendari
Beranda

KPU Kota Kendari Siap Laksanakan NPHD

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari siap melakukan penandatanganan nota perjanjian hibah daerah (NPHD) anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu mengatakan, berdasarkan hasil pertemuan dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), seluruh daerah yang menggelar Pilkada 2017 sudah harus menandatangani NPHD bersama pemerintah daerahnya masing-masing sebelum 30 April 2016.

“Kita sudah siap melaksanakan NPHD ini dengan Pemerintah Kota Kendari,” terang Hayani ditemui di Swiss-Belhotel Kendari, Minggu (10/4).

Hayani menambahkan, setelah NPHD selesai diteken, seluruh KPU yang menyelenggarakan pilkada akan kembali dipanggil di Kemendagri untuk dievaluasi dan diklarifikasi anggaran yang disepakati.

“Pada 1 Mei hingga 2 Mei, kita akan ke Jakarta lagi membawa NPHD ini untuk diverifikasi lagi. Daerah mana saja yang sudah NPHD atau belum,” paparnya.

Menurut Hayani, Mendagri sangat serius dengan anggaran Pilkada 2017. Sebab, pada pilkada sebelumnya, kekurangan anggaran menjadi masalah bagi penyelenggara.

“Mereka (Kemendagri) tidak mau disorot lagi oleh masyarakat dan media. Kemendagri ingin memastikan NPHD seluruh daerah sudah diteken sebelum 30 April 2016,” jelasnya.

Dalam NPHD bersama Pemkot Kendari, beber dia, akan ada tiga item. Yakni, NPHD antara KPU dengan Wali Kota Kendari, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dengan Wali Kota Kendari dan Wali Kota dengan keamanan.

“Dalam NPHD ini dijelaskan tentang jumlah anggarannya berapa dan digunakan untuk apa,” bebernya.

Hayani menyebutkan, total anggaran yang diusulkan KPU Kota Kendari ke Pemkot Kendari sekitar Rp 19,3 miliar. Hingga saat ini, sudah tidak ada masalah lagi baik dengan Pemkot maupun dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari.

“Dalam waktu dekat ini insya Allah sudah selesai NPHD. Soal komunikasi dengan pak wali, selama ini sudah berjalan dengan baik. Sepanjang ada ketentuannya, pak wali pasti sepakat,” tuturnya.

Bila NPHD sudah dipastikan selesai, kata Hayani, KPU Kota Kendari langsung melaksanakan tahapan. Pertama, mereka akan merekrut panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS).

“Kita juga akan menyusun daftar pemilih. Tapi, saya sudah telepon Kadis Catatan Sipil masih di luar daerah,” pungkasnya. (r1/c/jie)

Click to comment
To Top