Korban Tanah Longsor Dapat Bantuan Lahan dan Pembangunan Rumah – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Korban Tanah Longsor Dapat Bantuan Lahan dan Pembangunan Rumah

LASUSUA, BKK- Korban tanah longsor di Desa Tabela Kecamatan Porehu Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mendapat bantuan berupa lokasi rumah dan dana Rp 30 juta dari pemerintah kabupaten (pemkab).

Peristiwa longsor terjadi pada Jumat (1/4) pukul 01.00 Wita menelan satu korban jiwa, menyebabkan lima orang luka-luka, selain menimbun satu buah rumah serta menutup 3 hektare sawah dan tambak.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kolut Drs Hardi Msi ditemui wartawan mengatakan, bantauan sebesar Rp 30 juta itu untuk biaya pembangunan rumah.

“Korban juga dibantu lokasi perumahan yang ditanggung bersama camat dan kepala desa (kades). Selain dari BPBD, kemungkinan ada bantuan lain dari dinas sosial (dinsos),” terangnya.

“Untuk warga yang luka dan patah tulang, semuanya telah dipulangakan ke desanya dan menumpang pada sanak keluarganya. Semua biaya perawatanya ditanggung pemkab,” tambah Hardi.

Hj Muniarti M Ridwan, anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Tenggara dilaporkan turun menyambangi para korban.

Muniarti ditemui usai meninjau lokasi bencana menyatakan memberikan apresiasi yang besar atas gerak cepat Pemkab Kolut dalam memberikan bantuan pada korban bencana.

“Kita datang melihat sampai di mana Pemkab Kolut dalam menangani bencana tanah longsor ini, dan ini bisa dijadikan referensi bagi pemda lain dalam menangani bencana harus cepat dan tepat,” ujarnya.

Kecuali menengok, politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini tidak ikut turun tangan membantu meringankan derita para korban. (k2/d/iis)

Click to comment
To Top