Kali Di Keluarahan Lalolara Kecamatan Kambu meluap – Berita Kota Kendari
Beranda

Kali Di Keluarahan Lalolara Kecamatan Kambu meluap

KENDARI, BKK –  Kali di Keluaran Lalolara Kecamatan Kambu tepatnya kali pertama di Jalan Jendral Nasutionarah arah simpang tiga kamus baru menuju bundaran teng, meluap hingga menggenangi satu rumah dan satu asrama dengan kondisi curah hujan sedang, Minggu (10/4).

Pemilik rumah Usman Balo yang ditemui dilokasi mengatakan, kondisi seperti ini jarang terjadi, dimana untuk musim penghujan 2016, baru dua kali terjadi. Pemicunya, akibat sampah dan bangunan yang melanggar garis sempadan sehingga berdampak pada luas kali.
“Ini kali kedua air kali meluap karena masalah yang sama, dan pemerintah tidak pernah peka,” ujarnya.
Fiky salah satu penghuni asrama juga menambahkan, kondisi ini seharusnya cepat mendapatkan respon dari Pemerintah Kota (Pemkot) sebab jika dibiarkan bisa berdampak lebih jauh lagi terhadap penghuni disekitar aliran kali.
“Dinas Tata Kota dan Perumahan Kota Kendari serta Dinas Kebersihan Kota Kendari harus bertanggung jawab atas apa yang terjadi, karena persoalan ini ada diwilayah tanggung jawab mereka,” tambahnya.
Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Kendari Tin Farida menjelaskan, upaya membersikan sampah di aliran kali merupakan program rutinatas Dinas Kebersihan, hanya saja luas sebaran kali yang ada di Kota Kendari tidak sebanyak personil yang tersedia, sehingga memang ada dua kali yang tidak terlalu menjadi perhatian, salah satunya kali di Anduonohu.
“Kita sudah kerja sesuai tugas dan tanggung jawab, hanya saja kekuarangan personil jadi kendala untuk mengoptimlkan kerja kita,” terangnya.
Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III La Ode Azhar mengatakan, personil bukanlah kendala dalam menjalankan tugas, masih ada langkah lain yang bisa ditempuh untuk mengoptimalkan kerja. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi terhadapa masyarakat sekitar agar peduli lingkungan.
“Kami akan meminta Dinas Kebersihan untuk melakukan sosialisasi tentang peduli lingkungan guna memberikan pemahaman terhadap masyarakat bahaya membuang sampah di aliran kali. Selain itu, kami juga akan memanggil Dinas Tata Kota untuk menggelar dengar pendapat (hearing) terkait peran instansi ini memberikan izin membangun di sempadan sungai,” pungkasnya.(m2)

Click to comment
To Top