Bupati Busel Bubarkan Penebangan Kayu Jati – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Bupati Busel Bubarkan Penebangan Kayu Jati

Satpol PP Busel menyita gergaji mesin potong kayu yang ditinggalkan pemiliknya saat digerebek Bupati Busel. (Foto: Adnan/BKK)

Satpol PP Busel menyita gergaji mesin potong kayu yang ditinggalkan pemiliknya saat digerebek Bupati Busel. (Foto: Adnan/BKK)

BATAUGA, BKK – Aktivitas penebangan kayu jati di Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton, yang semakin marak membuat Pj Bupati Buton Selatan (Busel), Faisal La Imu meradang.

Ia turun langsung membubarkan paksa sejumlah pekerja yang sementara melakukan penebangan kayu jati menggunakan mesin potong kayu, Sabtu (09/04). Sejumlah pekerja yang sementara memotong kayu jati lari tunggang langgang saat puluhan Satpol PP Busel mendekati lokasi.

Muhammad Faisal menilai, aktivitas penebangan kayu di hutan jati Sampolawa yang dilakukan sejumlah warga dan pihak perusahaan pengelola jati yang dianggap ilegal. Aksi Faisal itu juga mendapat kawalan sejumlah aparat TNI, Satpol PP dan puluhan masyarakat.

Tidak hanya kepada masyarakat, Faisal juga meminta pihak perusahaan tidak melakukan penebangan kayu jati.

Faisal bersama rombongan juga mendatangi lokasi hutan jati yang diklaim perusahaan pengelola jati sudah memiliki Izin Pemanfaatan Kayu (IPK). Sejumlah pekerja yang sedang sibuk mengangkut dan menggergaji kayu dengan menggunakan mesin gergaji (Chainsaw) langsung lari terbirit-birit ke dalam hutan.

“Kita sudah beberapa kali rapat, intinya kita menyarankan untuk dihentikan kegiatan ini, tapi dia lanjut terus. Nah inilah sekarang kita lakukan tindakan tegas. Kita tidak ingin ini menjalar ke tempat lain, karena kalau ini tetap dilakukan maka yang lain juga akan mencontoh bahwa ternyata merusak hutan tidak masalah, tidak ada sanksinya. Sekarang ini kita memberi efek jera, memberi pelajaran kepada masyarakat bahwa tindakan ini salah,” tegas Faisal.

Aksi Pj Bupati Buton itu menyita sejumlah gergaji mesin potong kayu, beberapa jeriken berisi bensin, puluhan batang kayu jati siap angkut, roda gerobak, dan satu unit truk yang digunakan untuk mengangkut kayu jati. (k2/c/jie)

To Top