Baleg DPRD Kota Kendari Siap Bahas 22 Raperda Inisiatif – Berita Kota Kendari
Beranda

Baleg DPRD Kota Kendari Siap Bahas 22 Raperda Inisiatif

KENDARI, BKK – Setelah tahapan pengusulan 22 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif Dewan Perwakuilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendai, kini Badan Legislasi (Baleg) siap lakukan pembahasan.

Ketua Baleg DPRD Kota Kendari, Muhammad Ali saat dihubungi melalui selulernya, Minggu (10/4) mengatakan, jadwal pembahasan 22 Raperda inisiatif DPRD masih akan dirapatkan. Termasuk Raperda apa yang terlebih dahulu dibahas. Sebab saat ini masih ada kesibukan DPRD yang telah terjadwal.
“Kita masih akan rapatkan dulu kapan waktunya, setelah semua persyaratannya rampung seperti naskah akademik, sekaligus menunggu kegiatan DPRD usai,” ujarnya.
Ia melanjutkan, saat ini Baleg masih menunggu penyelesain naskah akademik dari pihak ketiga yaitu Universitas Halu Oleo (UHO). Setelah hal itu usai, baru dilihat mana yang akan pertama untuk dibahas. Tentunya, kata dia, yang diutamakan adalah Raperda yang menjadi kebutuhan masyarakat, walaupun semua usulan tersebut berpihak pada masyarakat.
“Kita sedang menunggu, yang jelas kita sudah siap untuk bahas,” pungkasnya.
Ketua Komisi II DPRD Kendari, Subhan ST menambahkan, dalam pengusulan 22 Raperda inisiatif DPRD memang ada pertentangan sesama anggota, tetapi hal itu tidak menjadi dasar tidak diloloskannya pembuatan naskah akademiknya, sebab setelah paripurna penetapan semua usulan diterima untuk dibuatkan naskahnya.
“Semua usulan sekarang sudah dibuatkan naskah akademiknya, tinggal menunggu saja untuk dibahas,” tambahnya.
Seperti diketahui, Ketua Fraksi PDIP La Ode Umar Bonte, tetap menantang hal ini. Bagi dia, proses pembuatan naskah akademik yang telah berjalan saat ini, hanya menghabiskan anggaran daerah, padahal kondisi keungan daerah lagi menurun.
“Kalau kita berpikir untuk kesejaterahan rakyat, untuk apa terlalu banyak Raperda diusul, toh dari usulan tersebut hampir semuanya tidak rasional yang hanya menggunakan pendekatan uang. Sementara keungan kita sangat memprihatinkan,” sindirnya. (m2/c/jie)

To Top